Seperti kita ketahui bahwa manusia memiliki golongan darah yang berbeda beda, Secara umum, golongan darah dibedakan menjadi empat tipe utama, yaitu A, B, AB, dan O. Penentuan golongan darah ini dilakukan berdasarkan jenis antigen yang terdapat di dalam darah, yaitu antigen A dan antigen B, serta antibodi yang dihasilkan untuk menghancurkan antigen tersebut.

Sudah banyak penelitian dilakukan mengenai golongan darah diatas, diantara nya kaitan nya dengan Diet menurut Gol darah. Sebagian pihak percaya bahwa diet berdasarkan golongan darah dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit di kemudian hari.

Kali ini kita akan bahas mengenai Golongan darah A dulu. Golongan darah A disebut cultivator (penggarap tanah, bercocok tanah) oleh D’Adamo ( Pakar dan penulis buku diet laris “Eat Right 4 Your Type) golongan darah A berkembang pada zaman pertanian, sekitar 20.000 tahun yang lalu.

Farmer illustration vector created by freepik – www.freepik.com

Diet golongan darah merekomendasikan bahwa individu-individu yang sedang melakukan diet menurut golongan darah A diharuskan memperbanyak makan sayuran dan menghindari daging merah, asupan makanan diarahkan lebih ke arah vegetarian.

baca Juga : Cek kepribadian dari tanggal lahir kamu


Diet menurut golongan darah A harus rendah lemak dan tinggi karbohidrat.

Di lansir dari tribunnews.com ,berikut ini adalah makanan yang direkomendasikan dan yang harus dihindari golongan darah A:

-Makanan sebagai obat untuk Diet Gol Darah A
Makanan yang mempunyai efek sebagai obat untuk diet menurut golongan darah A: Bayam, kacang tanah, kacang buncis, susu kedelai, tahu, ikan mas, ikan sardine, jus nanas, mangga, pisang, jeruk limau, sitrun, tempe, tepung beras, bluberi, brokoli, wortel, dan minyak zaitun.

-Makanan yang netral untuk Diet Gol Darah A
Makanan yang tidak bereaksi apapun (netral) untuk Diet Gol Darah A: Ikan tuna, telur puyuh, biji wijen, labu, bawang merah, mentimun, talas, anggur (semua jenis), melon, blewah, pir, delima, kiwi, kurma, strowberi, kesemek, jambu biji, daging (ayam, burung unta, belibis, kalkun, burung dara), telur ayam & bebek, biji bunga matahari, roti gandum, kacang ercis/ kapri, jagung, dan tapioka.

Makanan yang dihindari untuk Diet Gol Darah A
Hindari makanan yang bereaksi negatif untuk Diet Gol Darah A: Daging (sapi, angsa, kelinci, ayam hutan, kerbau, domba, bebek), lobster, belut, kodok, keju, es krim, susu, murni, kelapa/ santan, melon madu, pisang raja, pepaya, acar, terung, tomat, ubi, gurita, kepiting, kentang, jeruk, udang, cumi, mentega, susu sapi, pare, dan air soda.

Nah silahkan dicoba ..pelan pelan aja dulu 🙂

Baca Juga : Makanan yang cocok untuk Gol darah B










 889 total views,  1 views today

One thought on “Golongan darah A, cocok nya makan apa ya?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *