Sudah banyak ahli berpendapat , bahwa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi tubuh perlu disesuaikan dengan Golongan Darah. Lho kok bisa gitu ya? Sebelumnya ,pernah gak kita mikir, kok bisa golongan darah berbeda beda , ya sampai sekarang memang masih menjadi misteri, itulah hidup ( penuh misteri ūüôā ). Walaupun begitu, para ahli berteori golongan darah ini berbeda berdasarkan evolusi hidup yang bermutasi secara generik.

Sejarah singkat nya dilansir dari beberapa website, Golongan darah A merupakan golongan darah paling kuno. Pasalnya, golongan darah ini sudah ada sejak sebelum spesies manusia berevolusi dari moyang hominidnya.

Golongan darah B diduga kuat berasal dari 3,5 juta tahun silam dari mutasi genetik yang memodifikasi salah satu gula yang berada di permukaan sel darah merah. Dimulai pada 2,5 juta tahun silam, mutasi terjadi dan membuat gen gula itu menjadi lamban. Alhasi, tercipta golongan darah O yang tak memiliki versi gula dari golongan darah A atau B. Kemudian, ada golongan darah AB yang memiliki gula golongan darah A dan B.

Kembali ke topik, menurut si mister Dr. D’Adamo ( Pakar dan penulis buku diet laris ‚ÄúEat Right 4 Your Type), mereka yang memiliki golongan darah B dianggap sebagai “Nomad”, yaitu jika dilacak dari garis keturunannya pemilik golongan darah ini berasal dari suku nomaden kuno dan karenanya memiliki kebutuhan makanan yang spesifik. Orang-orang ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat,¬†sistem pencernaan¬†yang toleran, dan pilihan dietnya pun paling fleksibel di antara golongan darah lainnya. Satu lagi, pemilik golongan darah ini¬†juga bisa mengonsumsi¬†banyak susu, berbeda dengan Gol. Darah A yang kudu konsumsi Less Milk .

Baca Juga : Makanan yang cocok dengan Gol. Darah A

Golongan darah B lebih fleksibel dibandingkan dengan golongan darah lainnya khususnya A dan O karena mereka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati. Mereka dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak. Wow enak yaa.. cocok makan steak steak..

Namun, pemilik golongan darah B tidak dianjurkan untuk konsumsi ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen karena makanan tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan kelelahan, dan retensi cairan

Jadi apa aja yang cocok dikonsumsi bagi pemilik golongan darah B ini , di lansir dari sehatq.com yang cocok seperti

1. Sayuran hijau

Salah satu cara diet untuk golongan darah B untuk menurunkan berat badan adalah dengan banyak makan sayuran.

Pemilik goldar ini khususnya disarankan mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, brussel sprout, sawi, kale, atau kangkung.

Sayuran hijau bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh serta membantu menurunkan berat badan dengan melancarkan sistem metabolisme.

Ini karena sayuran hijau mempunyai kandungan tinggi serat, rendah kalori, zat besi, magnesium, kalium, serta vitamin B1, B2, B3, dan B6.

Tak hanya sayuran hijau, pemilik golongan darah B juga bagus untuk makan kembang kol, wortel, kubis, serta umbi-umbian, seperti bit dan juga ubi. 

Read more

2. Daging dan ikan

Tentunya, Anda membutuhkan asupan protein dalam makanan sehari-hari.

Makanan yang cocok untuk diet golongan darah B salah satunya adalah protein hewani, seperti daging kambing, domba, kelinci, hingga rusa.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi ikan seperti salmon, sarden, makarel, atau kod.

Alasannya, jenis protein hewani seperti daging dan ikan kemungkinan bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme orang dengan golongan darah B.

Orang dengan golongan darah B masih diperbolehkan untuk makan daging sapi, tetapi hanya sesekali dan membatasi asupannya.

Ribeye photo created by jcomp – www.freepik.com

3. Telur dan produk olahan susu

Saat menjaga pola makan seperti diet golongan darah, pemilik golongan darah B juga diperbolehkan untuk mengonsumsi telur serta produk olahan susu.

Telur mempunyai berbagai kandungan nutrisi. Walaupun tinggi kolesterol, umumnya tidak memengaruhi kolesterol dalam darah pada sebagian besar orang.

Selain susu rendah lemak, pemilik golongan darah B juga bagus mengonsumsi produk olahan susu, seperti yogurt, atau susu kambing.

Anda juga bisa mengonsumsi jenis keju rendah lemak, seperti mozzarella, ricotta, feta, atau cottage.

baca juga : 5 lagu yang dapat memotivasi kamu

4. Buah-buahan

Ada pula jenis buah-buahan yang direkomendasikan saat Anda melakukan diet golongan darah B

Buah-buahan ini dianggap paling bermanfaat untuk menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan.

Buah yang bisa Anda konsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi jus, seperti nanas, cranberry, anggur, plum, pepaya, serta paprika.

5. Sumber karbohidrat

Tak perlu khawatir, beberapa jenis karbohidrat juga masuk ke dalam makanan yang cocok untuk melakukan diet golongan darah B.

Kandungan glukosa dalam karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi tubuh Anda.

Karbohidrat yang bisa Anda konsumsi adalah oatmeal, biji-bijian sereal, kue beras, atau produk lainnya yang terbuat dari gandum atau tepung beras.

Sebenarnya, Anda juga masih diperbolehkan untuk mengonsumsi quinoa, roti, pasta, beras putih, beras cokelat, atau beras basmati.

Namun, sayangnya hingga kini belum ada bukti kuat untuk memvalidasikan manfaat kesehatan dari diet golongan darah. Dalam studi tahun 2013, peneliti memeriksa lebih dari 1000 data penelitian.

Apabila Anda berhasil melakukannya, mungkin saja tidak ada hubungannya dengan jenis golongan darah. Akan tetapi, karena makanan tersebut sesuai dengan sistem metabolisme Anda.

Mau coba? siapa tau beneran cocok.

 446 total views,  1 views today

One thought on “Makanan yang cocok untuk Golongan darah B , apa aja sih?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *