Lagi enak enak nya santai di minggu pagi, tiba tiba publik di kejutkan dihebohkan dengan berita kenaikan tarif masuk ke tempat wisata Candi Borobudur . Yaaa jangan terkejut karena memang diungkapkan langsung oleh Menko Kemaritiman dan Investasi bapak Luhut Binsar Panjaitan. Beliau mengatakan alasannya adalah untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya yang terkandung didalam Candi Borobudur.

Siapa yang tak kenal Candi borobudur yang masuk dalam 7 keajaiban di dunia / 7 Warisan dunia UNESCO yang terletak di magelang atau bisa ditempuh selama 1.5 jam dari Yogyakarta. Candi yang sudah sangat terkenal di dunia ini sebelum rencana kenaikan tarif masuk oleh Menko Maritim dan Investasi hanya bertarif Rp 50.000 / orang dan sekarang di rencanakan menjadi Rp 750.000/ orang untuk Wisatawan Lokal, USD 100 untuk Wisatawan Mancanegara dan Rp 5.000 untuk pelajar.

Baca Juga : Mercury Retrogade itu apa sih?

Beliau menuturkan kenaikan tarif ini diberlakukan untuk membatasi pengunjung candi Borobudur. Pembatasan akan diberlakukan sebanyak 1.200 pengunjung perhari . Pembatasan ini, terang Luhut, merupakan upaya konservasi Candi Borobudur sebagai warisan budaya dunia. “Kenapa kita lakukan itu, karena rekomendasi dari UNESCO dan pakar, telah terjadi penurunan dan keausan batu (Candi Borobudur),” ucapnya.

Buddhist temple photo created by wirestock – www.freepik.com

Dilansir dari detik.com , Pada tahun 2019 tercatat lebih dari 3,3 juta orang yang berkunjung ke Candi Borobudur, atau setara dengan 8.000 orang per hari. Padahal, berdasarkan hasil studi Balai Konservasi Borobudur, idealnya maksimal pengunjung Candi Borobudur sebanyak 128 orang per hari. Bahkan, di bulan Februari 2020 yang lalu, Balai Konservasi Borobudur sempat melakukan penutupan pada area lantai 9 dan 10 di Candi Borobudur. Dua lantai teratas itu disebut-sebut jadi paling utama kawasan candi tersebut atau dikenal sebagai area Aruphadatu. Penutupan dilakukan untuk melakukan monitoring dan evaluasi pada konstruksi Candi Borobudur.

Menurutnya, meski jumlah pengunjung dibatasi, ia meyakini tingkat kunjungan wisatawan bakal tetap tinggi karena kawasan Candi Borobudur telah ditata dengan menarik. “Sekitar Candi Borobudur akan dibuat sangat menarik. Kalau Anda jalan di boulevard, sekarang cantik sekali. Kalau anda mau naik ke atas, daftar online,” tuturnya.

Nah gimana? setuju di naikan tarif nya atau di batasi saja pengunjung nya perhari?

baca juga : 5 Lagu indonesia yang bisa memotivasi kamu

 7,363 total views,  2 views today

2 thoughts on “Tiket Masuk Candi Borobudur Naik Drastis?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.