Indonesia hari ini , Selasa 14 Juni 2022 ada Fenomena astronomi yang langka lho . Yaitu fenomena Bulan Purnama Stroberi Super atau Full Strawberry Supermoon yang bisa disaksikan pada 14 Juni 2022 pukul 18.51 WIB / 19.51 Wita / 20.51 WIT, pada jarak 357.368 km,

Fenomena ini terjadi ketika Bulan terletak di belakang Bumi bila dilihat dari Matahari. Wajah Bulan akan sepenuhnya diterangi oleh cahaya Matahari. Dalam istilah astronomi, supermoon disebut dengan bulan perigee atau bulan purnama perigean. Sedangkan Bulan Perigean adalah pada saat berkedudukan terdekat dengan Bumi dalam orbitnya.

Dalam tataran teknis, malam Bulan purnama adalah malam di mana terbenamnya Matahari hampir bersamaan waktunya dengan terbitnya Bulan dan sebaliknya terbitnya Matahari juga hampir bersamaan waktunya dengan terbenamnya Bulan

Walaupun namanya, Supermoon Stroberi atau Full Strawberry Supermoon bukan berarti penampakannya akan menjadi berbentuk dan berwarna seperti stroberi. “Bukan berarti karena namanya Purnama Stroberi, maka Bulan berwarna kemerahan dan agak lancip di ujungnya seperti stroberi,” jelas Andi seorang Peniliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN) dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/6/2022).

Adapun asal usul penamaan supemoon stroberi ini berasal dari penduduk asli Benua Amerika. Mereka menamakannya demikian karena bulan Juni merupakan waktunya memanen stroberi liar di wilayah Amerika Utara.

Supermoon ini cukup langka karena terjadi setiap sembilan tahun sekali.

Fenomena serupa akan kembali terjadi pada tahun 2031 dan 2040.

Yuk Buruan liat keluar daripada liat Hape terus… 🙂

baca Juga : Mercury retrogade, apa sih itu?






 12,300 total views,  51 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.