25 Juni 2009 menjadi hari duka bagi seluruh dunia. Kepergian musisi legenda King of Pop, Michael Jackson santar diumumkan. Ia ditemukan tak sadarkan diri di kediamannya di kawasan Holmby Hills, Los Angels. 10 tahun kepergian sang legenda King of Pop Michael Jackson, membuat para penggemar di seluruh dunia merindukan sosok kehadirannya di ranah musik dunia.

Terlahir dengan nama Michael Joseph Jackson, ia merupakan anak ke-7 dari 9 bersaudara. Lahir pada 29 Agustus 1958, Jackson merupakan seorang anak keturunan Afrika – Amerika. Ayahnya bernama Joseph Jackson dan Ibunya bernama Katherine Jackson.

Michael Jackson bersama dengan The Jackson 5

Semasa kecil Jackson sudah gemar menari dan menyanyi. Saat usianya menginjak 8 tahun, ia bersama dengan saudaranya Jermaine, menjadi vokalis utama untuk The Jackson 5. Tahun 1966 hingga 1968 grup musik ini pun melakukan tur di Amerika Serikat, khusus bagian tengah.

Tahun 1968 The Jackson 5 menandatangani kontrak kerja sama bersama Motown Records. Sejak saat itu lagu-lagu hits andalannya seperti The Love You Save, ABC, I Want You Back dan juga I’ll Be There memuncaki berbagai tangga lagu dunia, salah satunya memuncaki tangga lagu Billboard 100.

Michael Jackson bersama dengan The Jackson 5

Karir Jackson sebagai penyanyi solo di mulai pada tahun 1972, ia merilis empat buah album solo bersama dengan Motown Records, diantaranya Ben dan Got To Be There. Namun pada tahun 1975, The Jackson 5 memutuskan untuk bekerjasama dengan label rekaman lain. Grup tersebut pun menandatangai kontrak dengan CBS Records, yang kemudian nama dari The Jackson 5 ini pun turut diubah menjadi The Jacksons.

Bersama dengan CBS Records dalam divisi Epic Records, The Jacksons berhasil merilis enam buah album yang sebagian besar lagu-lagunya diciptakan oleh Michael Jackson. Kepopuleran The Jacksons pun kian bertambah kala mereka memiliki program televisi sendiri di saluran CBS bernama The Jacksons pada tahun 1976 hingga 1977.

Penampilan Michael Jackson sebelum kulitnya memutih

Sementara itu karir solo dari Michael Jackson sendiri mulai mencapai puncak tertinggi pada tahun 1982. Bersama dengan Epic Records, Jackson merilis album kedua bertajuk Thriller. Album ini pun menjadi titik balik dari karir seorang legenda pop dunia, Michael Jackson. Bersama dengan album Thriller, lagu-lagu Jackson mampu bertahan di 10 besar tangga lagu Billboard 200 selama 80 minggu berturut-turut. Sebut saja lagu Billie Jean, Wanna Be A Startin’ Somethin, dan Beat It.

Sebagai legenda yang terkenal dengan gerakan moonwalk, ia pertama kali memperkenalkan gerakan tersebut pada acara televisi spesial Motown: Yesterday, Today, Forever tahun 1983. Acara ini pun berhasil ditonton oleh 47 juta orang.

Michael Jackson

Setelah memperkenalkan gerakan moonwalk, Jackson pun semakin dicintai oleh penggemarnya. Karirnya terus melambungkan namanya. Terlahir dengan warna kulit coklat, seiring berjalannya karir Jackson terjadi perubahan warna kulit yang sangat kontras pada dirinya. Kian hari ia terlihat semakin putih dan memunculkan rumor di antara penggemar bahwa Jackson sengaja memutihkan kulitnya.

Namun rumor tersebut pun ternyata salah, Jackson ternyata mengidap penyakit vitiligo dan lupus. Dari penyakit vitiligo itulah membuat kulit Jackson menjadi putih di beberapa bagian. Hal ini pula yang mengakibatkan Jackson sangat sensitif dengan sinar matahari. Jackson pun melakukan perawatan khusus untuk kulitnya yang kian hari semakin memutih.

Michael Jackson

Selain perubahan warna kulit yang terjadi pada dirinya, Jackson juga tercatat melakukan operasi plastik untuk bagian-bagian tertentu di wajahnya, seperti hidung, bibir, dahi dan tulang pipi. Hasil dari operasi plastik yang ia lakukan pun membuat wajahnya mengalami perubahan yang sangat drastis. Ia sempat terlihat sangat tirus hingga tulang pipi di wajahnya sangat terlihat jelas.

Terlepas dari rumor dan perubahan wajah yang terjadi pada seorang Michael Jackson, ia tercatat pernah diundang ke White House untuk menerima penghargaan langsung dari presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan. Penghargaan tersebut diberikan pada 14 Mei 1984, sebagai bentuk penghargaan atas kepeduliannya terhadap orang-orang yang memiliki ketergantungan terhadap narkoba dan alkohol.

Michael Jackson saat menerima penghargaan dari Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan.

Jacksonn juga sempat tersandung kasus pelecehan seksual terhadap anak laki-laki berusia 13 tahun. Ia bahkan terancam hukuman 20 tahun penjara jika terbukti bersalah. Namun, keputusan pengadilan akhirnya membebaskan ia dari jeratan hukum setelah empat bulan melakukan pemeriksaan. Ia pun hidup secara berpindah-pindah, mulai dari Bahrain, Irlandia hingga Perancis.

Baca juga: Masih Ingat ‘Bubbles’ Simpanse Peliharaan Michael Jackson? Begini Kabarnya Sekarang

Selama berkarya bahkan merilis ulang album pertamanya bertajuk Bad, Michael Jackson didaulat sebagai pemenang Academy Awards 1984 sebanyak 8 penghargaan. Bukan hanya itu saja, Michael Jackson pernah mencatat sejarah kolaborasi tersukses sepanjang masa bersama Lionel Richie dan 39 penyanyi lainnya yang tergabung dalam sebuah grup USA for Africa (United Support of Artists for Africa) dengan merilis single berjudul We Are The World. Lagu ini bahkan mencatat sejarah dengan penjualan terlaris sepanjang masa dengan total penjualan mencapai 20 juta keping kopi. Seluruh pendapatan dari single ini diberikan untuk menanggulangi bencana kelaparan yang menimpa Ethiopia.

Michael Jackson

Pada tahun 1988, ia merilis sebuah film yang menggambarkan biografi kehidupannya. Dimana pada film yang diberi judul Moonwalker ini berisikan kisah perjalanan karir Michael Jackson sejak kecil, serta kekejaman dan kekerasan yang kerap kali ia alami semasa kecil. Film ini pun diperankan sendiri oleh Michael Jackson sebagai pemeran utama bersama Joe Pesci.

Semasa kecilnya, Jackson kerap kali mengalami kekerasan dari sang Ayah. Mulai dari di pukul, di cambuk, hingga kekerasan secara verbal yang kerap kali ia dapatkan dari sang Ayah. Kesaksian akan kekerasan yang ia alami ini pertama kali diceritakannya saat menghadiri acara Oprah Winfrey tahun 1993. Terlepas dari kekerasan yang ia alami, Jackson menilai bahwa tindakan tersebutlah yang membuat dan mengajarkannya akan kedisiplinan dan membawanya menuju kesuksesan.

Michael Jackson

Tepat pada hari ini, 25 Juni 2009 atau 10 tahun yang lalu, Sang legenda King of Pop meninggal dunia. Ia di temukan tak sadarkan diri di kediamannya setelah mengalami gagal jantung. Kepergiannya pun membuat luka dan duka di seluruh dunia.

Baca juga: Janet Jackson & Daddy Yankee New Song “Made for Now” : Watch The Video

Bahkan sebelum dinyatakan meninggal dunia, ia berencana untuk melakukan konser besar demi menyambutnya kembali di industri musik. Konser tersebut direncanakan akan diadakan di O2 Arena London dengan tajuk This Is It Michael Jackson, yang direncanakan pada 25 Juli 2009.

Mengenang kepergian King of Pop, para penggemar di seluruh dunia beramai-ramai menyuarakan kerinduannya terhadap sosok sang legenda Michael Jackson dengan hashtag di sosial media berupa #10YearsWithoutMichaelJackson.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here