Mencicipi kuliner khas tiap daerah memang menyenangkan. Bagi tiap daerah pastinya memiliki ciri khas kulinernya masing-masing, seperti Jogja dengan gudegnya, Bandung dengan makanan khas sundanya dan juga Betawi atau Jakarta dengan beragam makanan khasnya. Di berbagai daerah, salah satunya Betawi beberapa kuliner khasnya kian hari kian hilang dan sulit untuk ditemukan.

Demi mencicipi kuliner khas Betawi yang kian hari kian hilang ini, biasanya masyarakat Jakarta datang atau menghadiri berbagai pameran kuliner khusus Jakarta yang diselenggarakan diberbagai tempat. Lalu, kuliner khas Betawi yang seperti apakah yang kian hari kian hilang ini?

  1. Sayur Besan

 

Sajian kuliner khas Betawi yang sulit ditemukan adalah sayur besan. Makanan ini biasanya dihidangkan pada saat perayaan pernikahan. Meski saat ini banyak dijumpai beragam rumah makan khas Betawi, sayur besan tergolong langka dan sulit ditemukan. Bahan utama untuk membuat sayur besan adalah terubuk atau telur tebu.

Terubuk inilah yang membuat sayur besan sulit ditemukan. Pasalnya, terubuk merupakan tanaman musiman yang sudah langka di Jakarta. Bentuknya hampir menyamai tanaman tebu, berbatang dengan warna hijau kemerahan. Pada bagian dalamnya terdapat butir-butir kecil menyerupai telur ikan.

  1. Bubur Ase

Jika kebanyakan masyarakat akrab dengan bubur Cirebon, tapi bagi warga asli Betawi mereka memiliki bubur andalannya sendiri, yakni bubur ase. Bukan dengan tambahan suiran ayam, kacang dan lainnya, bubur ase ini tergolong cukup unik dan berbeda dari bubur kebanyakan. Bubur ase menggunakan semur daging khas betawi dan juga irisan kentang sebagai pelengkapnya.

Baca Juga:Mengenal Kopi Bersejarah, Kopi Aroma Bandung Yang Legendaris

Tidak hanya semur daging dan irisan kentang saja, penyajian bubur ase ini juga dilengkapi dengan asinan khas betawi yang di dalamnya terdapat irisan wortel, sawi dan juga timun. Dinamakan bubur ase, hal ini lantaran kata ‘Ase’ memiliki arti dingin, sehingga penyajian bubur ase khas betawi ini dihidangkan dalam keadaan dingin, berbeda dengan bubur kebanyakan.

Sudah terbayang untuk mencicipi bubur ase khas betawi ini? Sayangnya bagi Anda yang ingin mencicipi bubur ase ini memerlukan sedikit perjuangan. Pasalnya keberadaan bubur ase ini sudah sangat langka dan sulit di temui.

  1. Sayur Babanci

Salah satu kuliner khas betawi yang legndaris dan patut dicoba adalah sayur babanci. Meski namanya sayur, ternyata sayur babanci tidak mengandung sayur-mayur loh. Diberikan nama sayur babanci, konon asal muasanya dari sebutan panggilan abah dan enci, yang mana pada zaman dahulu kala masih ada peranakan Betawi – Tionghoa.

Tidak menggunakan sayuran, sayur babanci ini menggunakan daging pada bagian kepala sapi yang di masak dengan menggunakan 21 jenis rempah khas Indonesia. Dengan menggunakan 21 jenis rempah inilah yang membuat sayur babanci mulai jarang di temukan.

Cita rasa yang ditawarkan dari sayur babanci ini selain harum dengan kekayaan rempahnya, juga terdapat rasa asam, manis hingga pedas dalam satu mangkuk sayur babanci. Tertarik untuk mencicipinya?

Dari ketiga kuliner khas betawi yang kian lama kian hilang diatas,  nomor urut berapakah yang sudah pernah Anda cicipi? Jika di antara Anda mengetahui lokasi tempat menjual ketiga aneka ragam kuliner khas Betawi ini, silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here