Sebuah grup musik yang dibentuk pada tahun 1988 itu bernama KLA Project. Bernama KLA Project karena sesuai dengan singkatan nama-nama dari personilnya, yaitu Katon Bagaskara, Lilo Romulo Radjadin, Adi Adrian, dan Ari Burhani. Jika dihitung dari tahun awal terbentuk KLA Project di tahun 1988, saat ini usia KLA Project sudah 30 tahun.

Baca juga: 5 Grup Band Ini Gelar Reuni Setelah Konflik dan Perpecahan

Selama 30 tahun berkarya di dunia musik tanah air, KLA Project tentu saja mengalami pasang surut dan jatuh bangun yang dialami dan sudah melewati berbagai proses yang panjang. Setahun setelah berdiri, mereka merilis album perdana yang bertajuk ‘KLa’. Lewat album tersebut, KLa Project berhasil mencetak beberapa hits seperti, ‘Rentang Asmara’, ‘Tentang Kita’, ‘Waktu Tersisa’, dan ‘Laguku’.

Kemudian KLA Project kembali merilis album kedua mereka yang bertajuk ‘Kedua’, pada tahun 1991. Dalam album tersebut terdapat lagu ‘Yogyakarta’ yang menjadi single andalan mereka. Lagu Yogyakarta sendiri turut menandakan identitas KLA Project memang masih nikmat didengarkan hingga saat ini. Nyaris tidak ada jeda yang terlalu jauh, KLA Project seperti maju terus dengan mengeluarkan album berjudul ‘Pasir Putih’ di tahun 1992 dengan single andalan berjudul ‘Tak Bisa Ke Lain Hati’ dan ‘Belahan Jiwa’.

Namun sungguh sangat disayangkan, setelah dirilisnya album Pasir Putih, sang drummer Ari memilih mengundurkan diri. Ari tetap berada dalam lingkaran KLA Project dengan menjadi manajer band tersebut. Kemudian KLA Project bangkit lagi dengan formasi bertiga setelah ditinggal satu personelnya, dan masih mampu mengeluarkan beberapa album seperti ‘Ungu’, ‘Kelima’, ‘KLAustik’, ‘Sintesa’, dan ‘Klasik’.

Tetapi ketika KLA Project sudah bangkit lagi, band ini kembali mengalami bongkar personil di tahun 2001 dengan keluarnya Lilo sebagai gitaris. Kemudian, Katon dan Adi sempat menjalankan project tersebut berdua, hingga pada tahun 2003 mereka mengajak tiga personel baru bergabung. Mereka adalah Erwin Prasetya ex Dewa 19, Yoel Vai dan Hari Goro.

Tahun ini menjadi tahun ke-30 KLA Project berkarier di dunia musik Tanah Air. Sejak terbentuk hingga saat ini, mereka berhasil merilis, 9 album studio, dan 6 Album kompilasi. 7 Penghargaan BASF Award sempat mereka raih pada tahun ’90-an.

Baca juga: Berawal dari Keisengan, Lantas Berbuah Manis dan Terciptalah Gun N’ Roses

Di usia ke 30 tahun band KLA Project juga membawa rencana yang menggembirakan. Pasalnya, mereka akan menggelar konser yang bertajuk ‘Karunia Semesta’ dan akan digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Plenary Hall, pada tanggal 5 Desember mendatang. Tak hanya konser, mereka juga tengah mempersiapkan single terbaru. Meski begitu, para personil KLA Project masih enggan membocorkan single terbarunya. Well, kita tunggu saja come backnya KLA Project beserta single terbaru yang akan mereka persembahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here