Waktu berbuka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, karena kamu bisa makan bebas saat adzan Maghrib berkumandang. Beberapa dari kamu pasti sudah menyiapkan beberapa menu khusus untuk berbuka puasa, karena setelah berpuasa tubuh memerlukan asupan makanan untuk energi dan menormalkan kembali fungsi organ pada tubuh setelah seharian berpuasa.

Eits, tetapi jangan sampai kalap ya semua makanan kamu sikat habis saat berbuka puasa. 4 makanan enak ini justru tidak boleh dimakan saat berbuka puasa lho, apa saja ya?

  1. Makanan Pedas.

Bagi sebagian orang, makan makanan yang tidak pedas rasanya kurang sedap. Makanan pedas memang banyak penggemarnya, apalagi kalau berbuka puasa dengan sajian lontong isi, martabak telor, tahu isi, atau bakwan tak lengkap rasanya tanpa tambahan sambal atau cabe rawit. Tetapi, makanan pedas tidak baik dikonsumsi saat kamu baru berbuka puasa. Lebih baik awali berbuka dengan makanan lain seperti buah, yogurt atau pun kurma, baru deh kamu boleh makan makanan pedas tapi ingat ya harus sesuai porsi jangan banyak-banyak!

  1. Makanan yang Digoreng.

Gorengan memang selalu memiliki daya pikat tersendiri, renyah dan gurih sudah pasti kamu dapatkan dari makanan yang digoreng ini.  Itulah kenapa kamu sangat mengidam-idamkan risol, lumpia, pastel, dan gorengan lainnya untuk berbuka puasa. Walaupun enak, makanan ini tidak baik jika dikonsumsi saat buka puasa. Makanan yang digoreng mengandung banyak kalori yang berisiko menambah angka timbanganmu, gorengan sangat tinggi lemak, sehingga cenderung lebih lambat diproses dibanding zat lainnya. Ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

  1. Makanan Tinggi Gula.

Selain makanan yang digoreng, makanan manis biasanya sangat populer untuk menu berbuka. Misalnya manisan buah, minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, sirup, dan makanan manis lainnya yang sering tersaji. Makanan tersebut mengandung tinggi gula dan kalori, tapi rendah nilai gizinya. Bila menu makanan buka puasa kamu seperti ini, kadar gula darah yang tadinya rendah bisa melonjak tinggi dengan cepat.

  1. Minuman Berkafein.

Kafein bisa ditemukan dalam berbagai jenis minuman. Terutama kopi, cokelat, dan minuman energi. Seseorang yang terbiasa minum kopi pasti menantikan waktu berbuka untuk minum kopi. Padahal minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa mengiritasi lapisan lambung karena asam lambung diproduksi lebih banyak. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu terkena refluks asam lambung (GERD).

Lebih baik, ketika kamu berbuka puasa awali dengan meminum segelas air putih lalu dilanjutkan dengan makan buah seperti kurma, semangka, ataupun melon. Atau kamu juga bisa menjadikan roti tawar sebagai makanan pembuka sebelum kamu menikmati makanan-makanan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here