Apapun yang ada di dalam suatu era pasti akan terseleksi dengan sendirinya sesuai dengan perkembangan jaman. Selain teknologi, satu hal yang terus menerus mengalami perkembangan adalah alat transportasi. Di Indonesia, banyak sekali alat transportasi yang digunakan, beberapa diantaranya juga mengalami perkembangan dari masa ke masa. Sehingga alat-alat transportasi yang eksis jaman dulu kini hanya tinggal kenangan karena tergerus oleh kemajuan jaman.

Baca Juga : Sepenggal Kisah Kijang Doyok, Warna Otomotif di Era 80-an

Di jaman dulu, ada 5 alat transportasi yang pada jaman dahulu kala sangat eksis dan sering digunakan sebagai transportasi favorit. Tetapi, kini kelima alat transportasi itu sekarang hanya tinggal kenangan. Apa saja?

  1. Pedati.

Pedati merupakan alat transportasi darat yang mirip dengan kereta kuda atau dokar atau andong pada umumnya, hanya saja Pedati tidak ditarik oleh kuda melainkan oleh sapi atau kerbau. Fungsi pedati juga berbeda, pedati lebih berfungsi sebagai pengangkut barang seperti material bangunan, hasil panen, dan lain sebagainya. Menurut sejarah, pedati banyak berkembang di era kolonial yang mana pedati digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut kebutuhan perkebunan Belanda. Semakin berkembangnya jaman, pedati sudah tak digunakan lagi saat ini.

  1. Trem.

Dulu sekitar tahun 80-an, Trem sempat menjadi alat transportasi yang beroperasi di Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia. Bentuknya mirip seperti kereta api yang berjalan di atas rel. Jika di tengah-tengah jalan kamu melihat ada rel, bisa dipastikan rel tersebut dulunya merupakan jalur trem untuk mengantarkan penumpang. Kini, trem tidak lagi digunakan di Indonesia, namun masih tetap digunakan di luar negeri.

  1. Helicak.

Alat transportasi yang satu ini merupakan perpaduan antara becak dengan sepeda motor. Transportasi satu ini sempat booming pada tahun 1980-an namun kini sudah tak lagi digunakan. Dari penampilan, helicak memiliki banyak kesamaan dengan becak, hanya saja di bagian penumpang ditutup dan menggunakan mesin sebagai tenaga utamanya. Nama helicak adalah kombinasi dari helikopter dan becak, karena bentuknya yang mirip dengan helikopter.

  1. Angguna.

Transportasi bernama Angguna hadir sejak 1998. Alat transportasi Angguna hanya ada di daerah Surabaya saja, dan kini keberadaannya sudah sangat jarang ditemui. Berdasarkan data Dinas Perhubungan Surabaya, jumlahnya kini hanya ada 10 buah. Alat transportasi Angguna bentuknya seperti kombinasi antara angkot dan pick-up. Kecil mungil namun keberadaannya sudah tergerus oleh zaman.

  1. Oplet.

Angkot tua yang hits dalam film Si Doel Anak Sekolahan tentu sudah tidak asing di pandangan mata, tapi keberadaanya saat ini sungguh luput dari pandangan sehari-hari karena sudah tidak ada lagi oplet yang beroperasi di jalanan ibu kota. Oplet merupakan saingan berat dari bemo di waktu itu, karena oplet memiliki mesin produksi Morris dan Austin, yang lebih bagus sehingga cenderung tidak berisik. Ruang yang disediakan oleh oplet juga lebih luas jika dibandingkan dengan bemo. Kini oplet hanya menjadi buruan kolektor transportasi kuno untuk dipajang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here