Merawat kulit wajah memang menjadi suatu keharusan yang wajib dilakukan setiap orang, baik itu perempuan maupun laki-laki. Demi mendapatkan wajah yang bersih dan cerah dan bebas dari jerawat. Perawatan wajah memang penting dilakukan, oleh karena itu banyak beragam cara yang dilakukan mulai dari cara tradisional sampai canggih untuk mencapai wajah bersih dan terawat.

Banyak sebagian orang yang lebih memilih merawat wajah dengan cara tradisional, seperti menggunakan bahan-bahan alami untuk digunakan pada wajah. Tetapi tahu kah kamu bahwa tidak semua bahan alami yang biasa digunakan untuk perawatan wajah benar-benar aman dan baik digunakan pada kulit wajah lho. Berikut 5 bahan ini seharusnya tidak boleh dipakai pada wajahmu;

  1. Baking soda.

Banyak yang menyebutkan bahwa baking soda bisa digunakan sebagai scrub wajah yang ampuh mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Ternyata baking soda tidak baik dipakai pada kulit wajah, karena wajah memiliki pH 4.5 hingga 5.5, sementara pH pada baking soda sekitar 9 sampai 11. Itu artinya baking soda mengandung banyak alkalin yang bisa mengakibatkan berkurangnya kelembaban wajah.

  1. Lemon.

Sebelum menggunakan lemon untuk kulit wajah, kamu harus mengetahui bahwa lemon memiliki kadar asam yang sangat tinggi. Sehingga jika lemon digunakan pada kulit wajah, kulit akan mudah teriritasi dan memerah, juga bisa mengikis pelindung terluar kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Lemon lebih baik dikonsumsi untuk tubuh dengan cara diminum, bukan untuk digunakan pada kulit wajah.

  1. Telur.

Meskipun banyak yang merekomendasikan masker telur, tetapi menggunakan telur mentah untuk wajah tidak dianjurkan. Karena telur yang belum di proses bisa saja masih mengandung banyak bakteri dan kuman seperti salmonella, listeria, avian influenza. Bakteri tersebut bisa terserap melalui pori-pori wajah dan berakibat buruk ke tubuhmu.

  1. Cuka apel.

Cuka apel memiliki kadar asam yang tinggi, kadar asam cuka apel hampir sama dengan kadar asam yang terkandung dalam lemon. Menggunakan cuka apel ke kulit wajah bisa membuat masalah kulitmu semakin bertambah. Namun jika kamu masih ingin menggunakannya ke wajah kamu harus mencampurnya dengan air terlebih dahulu.

  1. Pasta gigi.

Jangan pernah menggunakan pasta gigi untuk wajah ya! Karena pasta gigi mengandung peroxide dan bahan kimia lainnya yang bisa menyebabkan iritasi di wajah. Mengoleskan pasta gigi pada wajah bisa meninggalkan bekas hitam yang susah untuk dihilangkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here