Noda bintik hitam disekitar hidung memang sangat mengganggu penampilan, khususnya bagi para perempuan. Komedo kecil yang membandel datangnya memang tidak pernah diharapkan. Bahkan, menurut para ahli, komedo sendiri merupakan tahap pertama dari jerawat sebelum bakteri masuk ke pori-pori kulit menyebabkan infeksi atau peradangan. Masalah ini biasanya mulai ada setelah masa remaja, ketika hormon mulai memengaruhi tubuh dan kulit.

Meskipun sudah banyak obat kecantikan dan perawatan yang bisa membuat komedo cepat hilang, masih ada juga beberapa orang yang menghindari obat-obatan atau perawatan yang kadang terasa sakit di wajah. Solusinya, ada 5 cara alami menghilangkan komedo yang mengganggu dan wajib kamu dicoba di rumah;

1. Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menghilangkan komedo membandel. Kamu bisa membuat lidah buaya sebagai jus atau bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah. Lidah buaya memiliki manfaat yang dapat melembabkan kulit dan bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.

2. Air atau Handuk Hangat
Setelah mencuci wajah dengan bersih, kamu bisa basahkan handuk dengan air hangat dan taruh handuk di atas permukaan wajah yang berkomedo. Hal ini akan membuat pori-pori kulit membesar sehingga komedo jadi lebih mudah untuk dibersihkan.
Selain itu, handuk hangat juga bisa mengurangi risiko adanya infeksi akibat pengangkatan komedo.

3. Ramuan Baking Soda
Oleskan ramuan baking soda yang sudah dicampur air ke atas permukaan wajah yang berkomedo, diamkan selama 20 menit, lalu bilas. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri, serta menghilangkan komedo membandel.

4. Masker Putih Telur
Selanjutnya kamu bisa gunakan satu putih telur yang dicampur dengan satu sendok makan madu dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Usapkan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini efektif untuk menghilangkan dan mencegah komedo.

5. Lemon dan Garam
Aduk air perasan jeruk lemon dan air garam. Usapkan ramuan tersebut di area wajah yang banyak komedo selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat. Air perasan lemon dan garam dapat secara halus mengikis kulit dan air hangat akan membuka pori-pori. Dampaknya komedo jadi lebih mudah dibersihkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here