Bila dicermati, kegiatan ekskul (ekstra kurikuler) banyak sekali ragamnya, dan tiap-tiap sekolah belum tentu menerapkan jenis yang sama. Nah, dari sekian banyak ekskul yang ditawarkan, ternyata tak semuanya membawa faedah untuk masa depan. Ada beberapa ekskul yang bisa menjadi sebagai sumber pemasukan kamu. Ekskul bukan sekedar kegiatan biasa dan tidak bisa dianggap remeh.

Ternyata kamu bisa punya skill yang di atas rata-rata, dengan belajar dari ekskul-ekskul ini pas jaman sekolah dulu. Nggak cuma skill, kamu bisa menciptakan karya-karya berharga yang bisa diukur dengan jumlah materi yang cukup besar. Ekskul apa sajakah itu? Kabarsidia.com sudah punya daftar kegiatan ekskul yang bisa diukur dengan jumlah materi yang cukup besar dan membuatmu lebih sukses di masa depan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh.

Baca juga: Melawan Lupa! Permainan Tap Benteng Pernah Hits di Era 80-an. Masih Ingat?

  1. Ekskul Cheerleaders

Kehadiran grup sorak sorai cheerleaders menambah suasana meriah di lapangan basket. Biasanya cheerleaders selalu menjadi tim hore dengan pom pom dan aksi akrobatik yang membuat penampilan jadi lebih menarik. Kelebihan dari kamu yang ikut ekskul cheerleaders selain kamu jadi lebih jago dan gemulai ngedance, kamu juga dituntut jadi terbiasa dandan alias make up dalam waktu yang mepet. Dituntut jadi kreatif dalam memadu padankan pakaian, skill seperti ini lah yang bisa membuat kamu terjun ke dunia make up artist atau fashion stylish. Atau mungkin kamu bisa jadi selebgram, fashion blogger, dan beauty blogger dengan followers yang banyak dan mendapatkan paid promote / endorse sehingga menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

  1. Ekskul Seni Lukis atau Seni Gambar

Kemampuan menggambar memang skill yang tidak dimiliki semua orang, beruntunglah bagi kamu yang sudah punya talenta bisa menggambar apalagi sudah jago menggunakan water color tidak akan rugi ikut ekskul seni lukis karena saat kamu sudah menguasai teknik melukis dengan permainan warna-warni kamu bisa menghasilkan karya yang luar biasa indah dan banyak disukai orang-orang. Bahkan lukisan atau gambar yang kamu buat bisa dijual dengan harga yang fantastis.

  1. Ekskul Olahraga

Mengikuti ekskul olahraga seperti basket, voli, sepak bola, dan olahraga yang lainnya dapat melatih sportifitas dan mengolah fisik yang berpengaruh dalam kemampuan bekerja kamu nantinya. Saat kamu memasuki dunia kuliah dan pekerjaan, kamu akan banyak menemui proyek yang membutuhkan team work dan disinilah kamu akan merasakan besarnya peranan manfaat ekskul olahraga yang telah membentuk kamu menjadi pribadi yang sportif dan mampu berkerja sama.

  1. Ekskul Lingkungan Hidup

Meskipun ekstrakulikuler lingkungan hidup masih tergolong ekskul baru, tapi banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari kegiatan ini. Ekskul lingkungan hidup mengharuskan kamu lebih kreatif untuk membuat karya-karya DIY (Do It Yourself) yang kamu buat dengan tangan sendiri. Barang-barang apapun yang kamu pegang bisa disulap menjadi barang kreatif dan dapat digunakan sehari-hari. Hal ini bisa membuatmu punya usaha sendiri atau online shop dengan menjual semua hasil karya DIY yang kamu pelajari saat masih ekskul di sekolah dulu.

  1. Ekskul Fotografi

Siapa bilang hobi foto tidak bisa menghasilkan? Justru sangat bermanfaat bagi kalian di masa depan. Dengan mengikuti ekskul fotografi semasa sekolah, kamu bisa belajar lebih jauh tentang tekhnik foto. Kamu jadi handal foto segala macam objek, dengan begitu tawaran kerja juga akan datang dengan sendirinya jika kamu benar-benar menekuni eksul fotografi sehingga memiliki skill yang luar biasa dalam menghasilkan sebuah karya foto yang indah dipandang mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here