Memasuki hari kedua Ramadhan, banyak umat muslim yang masih merasakan euphoria puasa. Misalnya saja saat menjelang waktu berbuka puasa. Pasti di beberapa jalanan tertentu ramai masyarakat yang menjual makanan khas Ramadhan untuk berbuka puasa. Mulai dari gorengan, berbagai jenis kue hingga makanan berat banyak yang menjualnya di pinggir-pinggir jalan untuk sajian berbuka puasa.

Biasanya, ada beberapa jenis makanan yang paling banyak dicari saat Ramadhan untuk dijadikan menu berbuka puasa. Seolah makanan-makanan ini hanya hadir musiman dan selalu ditunggu kehadirannya setiap satu tahun sekali, terasa sayang apabila melewatkan tidak berburu 5 jenis makanan ini. Apa saja ya? Jangan-jangan salah satunya favorit kamu nih!

  1. Kurma.

Sudah pasti kurma menjadi “sasaran empuk” bagi para pecinta makanan manis. Selain ringan dan banyak kandungan kalsium di dalamnya, kurma menjadi makanan yang paling dicari selama Ramadhan. Dengan rasanya yang manis sangat baik dikonsumsi waktu berbuka untuk mengatasi rasa lemas. Selain itu, kurma juga mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa membatu sel-sel tubuh kamu dari efek buruknya radikal bebas.

  1. Kolak.

Biasanya kolak dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan gurih selalu membuat kolak bisa membuat siapa saja jatuh hati, dan ingin menjadikan kolak sebagai sajian pembuka saat adzan maghrib sudah berkumandang. Banyak jenis kolak yang dijual, seperti kolak pisang, kolak ubi yang dicampur dengan kolang kaling, ataupun kolak labu kuning. Nah, kalau favoritmu kolak apa nih?

  1. Es Timun Suri.

Menjelang puasa di pinggiran jalan maupun di tukang buah sudah banyak terlihat timun suri yang di jual untuk sajian berbuka puasa. Buah yang identik dengan warna kuning ini cara membuatnya sangat mudah, kamu cukup sediakan timun suri, sirup dan es batu. Minuman segar yang satu ini paling dicari, dari beragam minuman es yang laris saat Ramadhan salah satunya yang jadi favorit adalah es timun suri.

  1. Es Rumput Laut.

Minuman yang satu ini juga sangat khas di bulan Ramadhan, rasanya kenyal dan renyah. Tak hanya rasanya yang segar, rumput laut juga bisa membantu sistem pencernaanmu lebih lancar dan bisa mengurangi penyerapan lemak. Serat yang terkandung di dalam rumput laut mampu membuatmu kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk mengemil pun jadi hilang.

  1. Kolang Kaling.

Makanan yang berasal dari biji aren ini selalu eksis saat bulan puasa. Selain sebagai bahan campuran es buah, kolang kaling juga bisa dijadikan camilan. Biasanya kolang kaling yang dijadikan camilan dibuat seperti manisan, dengan bermacam warna seperti merah, hijau, atau kuning. Warna yang di dapat tentunya dihasilkan dari pewarna makanan ya, apalagi bila disajikan saat dingin. Wah makin nikmat saja kolang kaling ini di santap di bulan puasa. Kolang kaling juga mampu mengatasi gangguan pencernaan selama puasa lho!

Dari 5 jenis makanan di atas yang paling banyak dicari saat Ramadhan tiba, mana nih yang jadi favorit kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here