Banyak para ahli dan studi yang menyatakan kalau sarapan itu penting dilakukan sebelum memulai kegiatan sehari-hari. Menu makanan yang dijadikan sarapan juga harus padat nutrisi sehingga dapat memberikan bahan bakar yang cukup untuk energi tubuh selama satu hari penuh.

Bahkan, sarapan sangat dianjurkan untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Seperti yang dilansir dari Journal Obesity mengungkapkan bahwa jam makan bisa mempengaruhi berat badan. Lebih tepatnya, makan lebih awal bisa menekan rasa ingin makan sehingga membantu menurunkan berat badan.

Tetapi, ada beberapa jenis makanan yang sangat tidak baik jika dijadikan sebagai menu sarapan. Apa saja?

  1. Pancake dan Wafel

Sarapan dengan makanan manis seperti pancake dan waffle kelihatannya memang menjadi menu sarapan yang menggairahkan , terlebih untuk mereka yang menyukai makanan manis. Tapi, kedua makanan ini bisa menyebabkan diabetes karena terbuat dari bahan yang sama yaitu tepung, telur, gula, dan susu. Belum lagi tambahan sirup dalam sajian ini yang mengandung fruktosa tinggi.

  1. Makanan Olahan

Bacon, ham, dan sosis adalah jenis makanan olahan yang cepat disajikan dan memiliki rasa yang lezat. Jika kamu hobi sarapan dengan makanan olahan seperti ini, ada baiknya dikurangi atau bahkan dihilangkan. Makanan olahan agak sulit diproses tubuh, karena sarat dengan garam, gula, lemak trans, lemak jenuh, dan banyak kalori. Keseringan sarapan dengan makanan olahan bisa menyebabkan adiksi, kenaikan berat badan, obesitas, hingga diabetes.

  1. Jus Buah Dalam Kemasan

Meskipun terbuat dari buah alami sekali pun, jus buah dalam kemasan mengandung banyak kalori dan perasa. Bahkan sebagian jus dalam kemasan kehilangan nutrisinya. Hal ini membuat jus buah dalam kemasan sama tidak sehatnya dengan minuman soda. Lebih baik buatlah jus yang langsung dibuat dari buah asli.

  1.  Sereal

Sebelum membeli sereal, perlu diperhatikan kandungan gizi dari sereal yang kamu beli. Karena sereal kerap kali dijadikan menu pilihan sehat untuk sarapan anak-anak. Kebanyakan sereal mengandung sedikit nutrisi, tidak mengandung serat, dan mengandung tambahan gula. Jangan sampai memilih sereal yang salah ya!

  1. Bubur Ayam

Lho? Kenapa bubur ayam termasuk ke dalam makanan yang tidak baik untuk dijadikan menu sarapan? Bukankah bubur ayam selalu menggoda?. Ya, benar memang bubur ayam selalu menggoda jika di pagi hari, seolah tak bisa ditolak untuk tidak menikmati lezatnya bubur ayam di pagi hari. Menurut ahli gizi, bubur ayam bisa meningkatkan gula darah karena terbuat dari nasi. Sarapan bubur ayam tentu perlu diwaspadai bagi para pemilik diabetes.

Jadi, sebaiknya kita cerdik dalam memilih menu makanan apa saja yang akan dijadikan menu sarapan agar kesehatan tetap terjaga sebagaimana mestinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here