Indonesia lekat dengan tradisi yang beragam, seperti misalnya cerita urban sampai mitos-mitos yang selalu melekat di masyarakat Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang yang diwariskan secara turun temurun. Meski pun belum sepenuhnya terbukti akan kebenaran mitos yang berkembang di masyarakat, faktanya mitos-mitos tetap diyakini dan di percaya oleh sebagian orang.

Di kehidupan sehari-hari pun kita masih diliputi tentang mitos-mitos. Di bawah ini ada 5 mitos yang sering terjadi sehari-hari, kamu percaya yang mana?

  1. Telapak Tangan Gatal Tandanya Mau Dapat Uang.

Mengapa demikian? Karena telapak tangan biasa dipercaya untuk digunakan meramalkan masa depan. Dan terkait dengan itu, kamu tentu pernah dengar kan mitos seperti ini? Ketika tanganmu gatal dan orang disekitar langsung berkata “wah mau dapat uang tuh!” Entah benar atau tidak, konon katanya  kalau tangan kanan yang gatal, kalian bakal kedapatan rezeki nomplok. Nah kalau tangan kiri yang gatal, artinya kamu harus memberikan atau membayarkan sejumlah uang pada orang lain.

  1. Mata Kedutan Tandanya Mau Nangis atau Bersedih.

Bagian mata yang paling sering mengalami kedutan adalah kelopak mata. Jika kedutan terjadi di kelopak mata kanan atas konon katanya kamu akan segera memperoleh keberuntungan dalam waktu dekat. Akan tetapi, jika kedutannya terasa di kelopak mata kanan bagian bawah tandanya akan datang kesedihan dalam hidupmu. Entah ini benar atau tidak, yang jelas mitos seperti ini sudah sangat tenar sekali di Indonesia.

  1. Kuping Berdengung Tandanya Ada yang Ngomongin.

Kamu pasti pernah kan tiba-tiba merasakan dengung di telinga? Entah itu di telinga sebelah kanan atau sebelah kiri. Mitosnya adalah kalau kuping berdengung tandanya ada yang sedang membicarakan kita. Kalau menurut orang zaman dahulu, kuping kanan berdengung ada yang ngomongin kita yang baik-baik, sedangkan kalau kuping kiri yang berdengung katanya ada yang ngomongin kita buruk. Entah lah… apakah kamu mempercayainya?

  1. Rumah Banyak Semut Tandanya Banyak Rejeki.

Masyarakat Indonesia masih dekat dengan mitos, seolah pertanda-pertanda alam dapat disampaikan dengan adanya mitos tentang binatang, salah satunya adalah semut. Pernah nggak di rumahmu banyak semut hitam? Konon katanya, semut hitam itu pembawa rejeki lho!

  1. Rumah Kemasukan Kupu-kupu Tandanya Akan Kedatangan Tamu.

Jika kupu-kupu masuk ke dalam rumah berarti akan ada tamu yang akan berkunjung ke rumah tersebut. Entah apa hubungannya antara kedatangan kupu-kupu dengan hadirnya tamu, mungkin hal ini dipengaruhi oleh bentuk dan warna kupu-kupu yang indah sehingga di asosiasikan dengan tamu.

Itu sebabnya, kedatangan tamu yang akan datang ke rumah bisa dilihat dari kedatangan kupu-kupu ke rumah kita. Jika kupu-kupu yang datang berkunjung ke rumah adalah kupu-kupu berwarna hitam legam, konon tamu yang akan datang ke rumah adalah seseorang yang berwajah seram atau bukanlah tamu yang baik atau jahat.

Sebaliknya, jika yang datang ke rumah kita adalah seekor kupu-kupu berbentuk indah dan berwarna putih, maka dipercayai yang datang ke rumah adalah tamu yang berwajah tampan maupun cantik atau bisa juga orang yang bermaksud baik kepada kita.

Nah, itu adalah beberapa mitos di Indonesia yang sering terjadi sehari-hari dan masih dipercayai oleh beberapa orang. Kalau arti mitosnya baik, mungkin cukup pantas untuk sedikit dipercaya. Tetapi kalau arti mitosnya tidak baik, pasti banyak yang tidak mau mempercayainya. Bagaimana pun itu, ini hanyalah mitos yang berkembang dari zaman ke zaman. Percaya atau tidak itu menjadi persoalan tersendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here