Musik adalah media yang bisa menghantarkan pikiran dan perasaanmu ke alam yang lebih menyenangkan. Musik sudah merupakan bagian dari hidup seseorang, karena tidak ada di dunia ini yang tidak suka musik, musik pula lah yang bisa mengubah keadaan hatimu menjadi gembira ataupun sebaliknya. Yang jelas, musik memiliki nyawa masing-masing, sama halnya dalam musik Jazz. Ada 5 musisi jazz yang sangat populer dan berpengaruh di dunia, berikut deretannya;

  1. Louis Armstrong.

Ia adalah musisi kelahiran New Orleans 4 Agustus 1901 yang sudah wafat pada 6 Juli 1971. Meski begitu, namanya masih selalu di “elu-elu”kan di dunia musik dunia. Louis Armstrong adalah seorang penyanyi, composer, dan solois terompet musik Jazz. Ia juga merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia musik jazz yang paling berpengaruh. Louis Armstrong sangat piawai memainkan terompetnya sehingga Ia bisa menghasilkan lagu yang juga Ia nyanyikan sendiri dengan suara khasnya yang serak.

  1. John Coltrane.

Pria yang memiliki nama lengkap John William Coltrane adalah seorang komposer asal Amerika Serikat dan juga pemain Saksofon handal. John Coltrane merupakan seorang musisi yang telah membantu merintis penggunaan mode jazz dan juga sebagai tokoh terdepan di musik free jazz. Selama masa berkarirnya di dunia musik dari tahun 1964 sampai Ia wafat di tahun 1967, Ia sudah berhasil memimpin lebih dari 50 sesi rekaman di mana Ia juga tampil sebagai sideman pada album dari musisi lain seperti terompet Miles Davis dan pianis Thelonious Monk.

  1. Miles Davis.

Rekamannya pernah dibantu oleh John Coltrane, Miles Davis musisi jazz yang juga pemain terompet asal Amerika Serikat juga menjadi salah satu musisi jazz paling berpengaruh di dunia tepatnya dalam perkembangan musik jazz di abad 20-an dan juga musisi yang paling inovatif. Ia adalah anggota dari salah satu kelompok musik jazz yang berada di barisan terdepan dalam perkembangan musik jazz termasuk bebop, cool jazz, hard bop, model jazz, post bop, dan jazz fusion. Miles Davis juga diakui sebagai salah satu kunci dalam sejarah jazz di “Rock and Roll Half of Fame” pada tahun 2006 dan berhasil meraih penghargaan dari RIAA lewat albumnya yang bertajuk Kind of Blue dan mendapatkan 4 platinum bersertifikasi.

  1. Gil Evans.

Pianis jazz asal Kanada ini berprofesi sebagai arranger, komposer, dan pemimpin band. Ia merupakan seorang musisi jazz, modal jazz, fee jazz, dan jazz fusion. Selama karir musiknya, salah satu perannya dalam perkembangan musik jazz Ia ikut berpartisipasi dalam pertemuan kelompok musisi jazz untuk mengembangkan gaya musik baru diluar dari gaya yang dominan bibop. Sebagai musisi, Gil Evans juga telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya pada tahun 1986 dilantik menjadi down beat jazz hall of fame, mendapatkan Grammy Award untuk Best Jazz Instrumental Performance dengan big band, dan Grammy Award untuk Best Original komposisi jazz dengan Miles Davis pada tahun 1960.

  1. Dizzy Gillespie.

Sebagai seorang pemain terompet musik jazz, Dizzy Gillespie juga menjadi pemimpin band, komponis, dan juga penyanyi jazz yang berasal dari Amerika. Ciri khas yang mudah mengingatkan pecinta musik jazz pada Dizzy Gillespie adalah, saat Ia memainkan terompetnya pipinya dapat mengembang bulat. Selain mahir bermain terompet, Gillespie juga bisa bernyanyi seat sambil bermain terompet. Dan bersama dengan Charlie Parker, Gillespie telah memainkan peran penting dalam sejarah perkembangan musik jazz dan menjadi salah satu pemeran Afos Cuban Jazz.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here