Indonesia saat ini sedang dalam tahap dan masa cuaca terburuk sepanjang sejarah. Kebakaran hutan hingga polusi udara yang tidak sehat, memaksa masyarakat harus lebih memperhatikan kesehatan dengan sangat ekstra. Buruknya sirkulasi udara akibat polusi maupun pembakaran hutan, sedikit banyak menyakitkan dan memperburuk kesehatan. Tak jarang sebagian orang mencoba untuk melakukan berbagai hal untuk menjaga sirkulasi udara, salah satunya dengan meletakkan atau menanan tanaman yang baik bagi kesehatan.

Berbagai macam jenis tanaman berikut bisa menjadi rekomendasi kamu untuk diletakkan di dalam ruangan. Penasaran? langsung saja simak ulasan dibawah ini:

  1. Lidah Mertua

Jenis tanaman pertama yang bisa membantu menyegarkan dan menjadikan udara di dalam ruangan terasa lebih segar adalah lidah mertua. Tanaman ini merupakan satu diantara sekian banyak jenis tanaman yang dapat menyerap racun berbahaya.

Selain bisa menyaring racun, lidah mertua juga tidak membutuhkan perawatan khusus untuk tetap tumbuh dan berkembang. Cukup dengan sesekali menyiram, lidah mertua akan tetap tumbuh dengan baik di segala kondisi ruangan.

  1. Kaktus

Siapa yang tak asing dengan tanaman berduri bernama kaktus? Ya, jenis tanaman ini selain unik dan kerap kali menjadi tanaman hias dengan ukuran mini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan loh.

Kaktus merupakan tanaman yang dapat menghilangkan bakteri dan juga mengurangi radiasi. Tak heran jika banyak pekerja yang gemar mengoleksi kaktus dan meletakkannya di meja kerja. Selain itu, Kaktus juga berguna untuk menyerap karbondioksida pada malam hari dan akan mengeluarkan oksigen yang dibutuhkan saat tidur.

  1. Lili Paris

Tanaman yang memiliki daun cukup panjang dan tipis ini kerap kali dikenal dengan nama spider plant. Tidak butuh perawatan khusus, lili paris atau spider plant ini hanya membutuhkan cahaya cukup dan air secukupnya untuk tetap bertahan hidup dan berkembang.

Sebagai salah satu tanaman hias yang banyak dijumpai di tiap rumah, lili paris ini memiliki fungsi yang tidak banyak orang tahu, yaitu menghilangkan formalin dan xylene yang terdapat di udara.

  1. Sirih Gading

Meski kerap kali dikaitkan dengan tradisi nyirih bagi orang tua, sirih gading ini sedikit berbeda dari jenis sirih lainnya. Tanaman ini tidak bisa digunakan untuk nyirih, tetapi bisa bermanfaat bagi kesehatan. Sirih gading ini dapat menyerap formalin yang tidak dikenal dalam suatu ruangan.

Selain itu tanaman ini juga terkenal sangat ramah terhadap penderita asma dan alergi. Meskipun demikian, sirih gading juga dikenal sebagai tanaman beracun yang berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan.

  1. Pakis

Salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di pekarangan rumah adalah tanaman pakis. Tanaman ini memiliki kelembapan yang bermanfaat untuk menjaga kesejukan udara. Bukan hanya itu saja, pakis juga bisa menjadi peneduh dan penangkal formalin sisa gas knalpot loh.

Kelima rekomendasi tanaman diatas, bisa membawa dampak baik bagi sirkulasi udara di rumah kamu. Jika kamu rajin dan gemar bercocok tanam, mulailah menanam jenis-jenis tanaman yang sudah direkomendasikan diatas ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here