Indonesia kaya akan dengan keanekaragaman kuliner yang ada. Banyak daerah-daerah di Indonesia memiliki makanan favorit yang menjadi ciri khas. Bahkan tak hanya di luar negeri saja yang punya salad sayuran dan buah.

Indonesia juga memiliki berbagai jenis salad yang enak dan bisa diracik menjadi makanan murah meriah dan menyehatkan. Ada pecel sayur, urap, hingga gado-gado yang maknyus! Salad khas Indonesia ini biasanya terbuat dari berbagai campuran aneka sayur yang kaya vitamin dan serat.

Nah, 5 salad tradisional khas nusantara ini bisa jadi santapan murah dan sehat lho! Apalagi kalau ditambah dengan nasi pasti makin nikmat dan mengenyangkan;

  1. Gado-gado.

Gado-gado dikenal sebagai makanan khas Betawi, dan sesuai namanya, gado-gado artinya dicampur dan diaduk. Gado-gado juga merupakan makanan yang banyak menggunakan sayuran seperti kol, tauge, kangkung yang sudah di rebus dan diaduk jadi satu dengan bumbu kacang. Tak hanya itu, ada juga pelengkap lainnya mulai dari mentimun, tahu, tempe, kentang goreng hingga telur rebus.

  1. Pecel.

Sepintas tampilannya mirip dengan gado-gado, namun secara rasa justru lah berbeda. Namanya pecel, makanan khas masyarakat Jawa Tengah, Madiun Jawa Timur dan Yogyakarta ini kerap kali dijadikan sebagai menu sarapan. Pecel adalah makanan yang disajikan dengan sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, tauge, bayam, dan kemangi. Setelah semua sayuran di masukkan ke dalam bungkus kertas yang dilapisi daun pisang kemudian di siram dengan bumbu kacang yang rasanya khas karena diberi campuran kencur, gula merah dan jeruk purut.

  1. Karedok.

Karedok adalah makanan yang banyak ditemui di daerah Bandung, Jawa Barat. Kalau gado-gado dan pecel disajikan dengan sayuran-sayuran yang sudah di rebus, berbeda dengan karedok yang berisi sayuran-sayuran mentah yang masih segar. Bumbu karedok juga menggunakan bumbu kacang yang lebih cair dan diberik sedikit tambahan air asam agar karedok terasa lebih segar ketika dimakan bersama dengan nasi ataupun tidak.

  1. Urap.

Tidak melulu disajikan dengan bumbu kacang, salad tradisional yang satu ini tersaji dengan kelapa parut berbumbu. Urap terdiri dari sayuran bayam, kangkung, tauge, kacang panjang dan kol. Beberapa orang bahkan menambahkan wortel hingga daun kenikir.

Bumbu urap tidaklah basah karena terbuat dari kelapa parut yang dicampur bumbu lalu dikukus hingga matang. Campuran cabai, bawang merah dan kencur jadi kunci utama kelezatan urap.

  1. Asinan.

Asinan yang memiliki rasa asam pedas juga termasuk ke dalam salah satu salad tradisional khas nusantara. Racikan segar asinan Bogor dan asinan Betawi sudah terkenal enaknya. Campuran tauge, mentimun, bengkuang, wortel hingga tahu semakin lezat dengan guyuran saus cuka. Saus asinan biasa dilengkapi dengan kacang tanah goreng. Selain asinan sayur, ada juga asinan buah yang tak kalah menggoda. Asinan ini paling enak dinikmati dingin sebagai makanan selingan.

Kalau kamu, suka salad tradisional khas nusantara yang nomor berapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here