Sebentar panas, sebentar hujan deras, sebentar berangin, kadang cuaca yang labil seperti ini bisa membuat tubuh kita menjadi rentan terkena penyakit. Tubuhmu pun bisa menjadi tidak stabil dikarenakan cuaca yang berubah-ubah secara drastis saat musim pancaroba. Pada musim seperti ini, tubuh dipaksa untuk menyesuaikan kondisi udara dan temperature yang berubah-ubah.

Musim pancaroba juga menjadi waktu yang paling disukai virus dan bakteri untuk berkembang biak dengan cepat. Maka jangan heran kamu akan mudah terserang penyakit apabila memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Agar tidak mudah jatuh sakit, sudah saatnya lindungi tubuhmu dengan melakukan beberapa tips penting di bawah ini;

  1. Penuhi Nutrisi Tubuh.

Sistem kekebalan tubuh akan bekerja maksimal untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh apabila nutrisi untuk tubuh sudah terpenuhi dengan baik. Mulai sekarang biasakan konsumsi menu gizi seimbang agar nutrisi dalam tubuh selalu terpenuhi demi terjaganya kesehatan.

  1. Konsumsi Vitamin atau Suplemen Daya Tahan Tubuh.

Kamu dan tubuhmu tetap membutuhkan asupan vitamin atau suplemen yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Khusus di musim pancaroba seperti ini, pilihlah vitamin atau suplemen yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Rajin Berolahraga.

Tidak hanya mengandalkan vitamin atau suplemen saja, kamu dan tubuhmu juga perlu diajak berolahraga secara rutin. Minimal lakukan olahraga secara rutin setiap harinya selama 30 menit saja, itu sudah membantu membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit yang mudah datang di musim pancaroba seperti sekarang.

  1. Cukupi Konsumsi Air Putih.

Jangan pernah melupakan pentingnya mengonsumi air putih yang cukup, terutama saat cuaca tidak menentu seperti saat ini. Karena selain mengatasi rasa dahaga dalam tubuh, ternyata salah satu manfaat air putih lainnya adalah mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta membantu mencegah tubuh terkena infeksi. Konsumsi lah air putih 2,5 – 3 liter setiap harinya.

  1. Biasakan Mencuci Tangan.

Mencuci tangan adalah kegiatan yang simple dan mudah dilakukan namun sering terlupakan. Padahal, tanpa kamu sadari tangan menjadi salah satu media penyebaran bakteri dan virus penyakit menular. Apalagi di musim pancaroba seperti saat ini virus dan bakteri tersebar di mana-mana. Untuk itu biasakan diri mencuci tangan sebelum dan setelah makan, sehabis melakukan aktifitas, hingga sehabis dari toilet. Tangan yang bersih tentunya tidak akan mudah ditempeli oleh penyakit, dan satu lagi. Di musim pancaroba seperti sekaran ini, jangan pernah lupakan untuk membawa baju hangat seperti jaket ataupun sweater agar menjaga tubuh dari serangan cuaca yang sangat dingin dari cuaca sebelumnya yang sangat panas. Dengan begitu tubuhmu akan terlindungi dari serangan angin dingin yang mungkin saja dapat membuat tubuhmu sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here