Virus komputer sudah ada sejak tahun 1949, dari dulu hingga sekarang perkembangan virus komputer menjadi semakin canggih. Bahkan di antaranya ada yang mampu menyerang sistem nuklir dan pembangkit listrik.

Tentu saja tidak hanya virus-virus komputer masa kini yang mampu melumpuhkan sistem komputerisasi yang ada, virus jadul pun tak kalah hebatnya. Bahkan, ada beberapa virus komputer yang dianggap paling berbahaya dan fenomenal sepanjang sejarah. Apa sajakah itu?

  1. Virus Datacrime, 1989.

Tepat di bulan Maret tahun 1989 telah tercatat bahwa ada virus komputer bernama virus Datacrime yang paling di takuti saat itu, karena virus Datacrime mampu menghapus semua isi data dalam hardisk.

  1. Virus Polymorphic, 1990.

Pada tahun 90-an virus komputer yang bernama Polymorphic ini merupakan virus yang cukup sulit untuk ditaklukan oleh perusahaan antivirus, karena dibutuhkan waktu lebih dari 2 tahun untuk mendeteksi secara lengkap virus Polymorphic yang diciptakan oleh Mark Washburn ini.

  1. Virus Whale, 1990.

Masih di tahun 90-an, ada virus komputer yang terkenal mampu membuat komputer menjadi crash saat dijalankan. Virus komputer ini bernama virus Whale, atau biasa disebut dengan virus ikan paus. Sesuai namanya, virus Whale ini sangat-sangat besar dan sangat kompleks. Butuh waktu menelusuri virus yang mampu mengerjai para pembuat antivirus dengan kompleksitas program yang berbelit dan sangat besar.

  1. Virus Michelangelo, 1992.

Virus Michelangelo mampu menghapus seluruh isi hardisk pengguna komputer, dan di masa itu banyak orang yang tidak berani menyalakan komputernya karena takut terkena serangan virus Michelangelo ini. Untuk menghindari terjadinya kehilangan seluruh data di dalam hard disk dan komputer, mereka lebih sering mematikan komputernya guna menghindari dari aktifnya virus tersebut.

  1. Virus Cruncher dan Girfare, 1993.

Pada awal tahun 1993, Belanda menjadi negara asal Thunderbyte Antivirus mencatat munculnya grup virus baru di Holland dengan nama Trident. Trident menulis program engine polymorphic dengan nama TPE dan meluncurkan virus baru dengan nama ‘Grifare’ dan ‘Cruncher’, yaitu virus yang secara otomatis dapat menginfeksikan dirinya ke dalam file untuk menyebar bersamaan dengan kedua virus Grifare dan Cruncher.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here