Setelah hampir kurang lebih 13 jam menjalani puasa, tubuh kekurangan cairan. Untuk menggantikan cairan dan kandungan dalam tubuh yang hilang selama puasa, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat untuk tubuh saat berbuka puasa. Beberapa makanan dan minuman ini wajib kamu coba saat buka puasa nanti;

  1. Air Putih.

Yang paling penting adalah air putih, saat waktu berbuka puasa tiba sangat baik sekali jika kamu langsung minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama saat berpuasa, karena tubuh mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan lelah, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi.

  1. Air Kelapa Murni.

Untuk menggantikan cairan tubuh agar kembali normal setelah selesai berpuasa dapat dilakukan dengan meminum air kelapa murni. Harus benar-benar murni ya, jangan ditambahkan dengan gula atau santan karena dapat merusak elektrolit yang dikandung.

  1. Jus Semangka.

Kesegaran buah semangka tidak perlu diragukan lagi, semangka memiliki kandungan vitamin yag cukup lengkap, termasuk air dalam jumlah yang cukup banyak. Makan satu buah semangka setiap hari sudah cukup memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

  1. Kurma. 

Ketika berbuka puasa sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berat, usahakan untuk memakan makanan manis dan ringan seperti kurma. Karena kurma merupakan makanan buka puasa yang sehat karena mineral dan kalsium yang dikandung, serta rasa manis alaminya menjadi penawar asam lambung seusai berpuasa.

  1. Ikan.

Ikan memang nikmat disantap dengan nasi panas, dan menjadi santapan lezat saat berbuka puasa. Sangat baik jika berbuka puasa dengan makan ikan, tapi kamu perlu perhatikan jumlah nasi yang dimakan agar tidak berlebihan dan malah membuat perut sakit. Ikan sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena ikan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena daging ikan mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

  1. Telur.

Telur sangat baik untuk menu berbuka puasa. Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur sangat mudah dicerna dan mengandung protein yang sangat tinggi. Karena dalam satu telur terkandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino.

Nah, kalau kamu masih bingung dengan menu apa untuk buka puasa nanti, kamu bisa coba dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas ya! Semoga puasamu selalu lancar dan tubuh semakin sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here