Seharusnya bulan puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, semua kegiatan yang biasa dilakukan di luar bulan puasa masih harus bisa kita lakukan meski pun sedang berpuasa. Seperti salah satu contohnya adalah olahraga. Olahraga sebaiknya masih terus dilakukan meski sedang puasa. Jika saat puasa kamu justru malas berolahraga karena takut lemas dan tidak kuat menahan lapar dan dahaga setelah berolahraga, mungkin kamu harus melakukan 6 jenis olahraga ringan ini yang masih bisa kamu lakukan saat puasa agar badan tetap terasa bugar;

  1. Jogging. 

Joging yang termasuk latihan kardiovaskular ini sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum berbuka puasa. Manfaatnya sangat banyak bagi tubuh, mulai dari membakar lemak menjadi energi, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, sampai menurunkan berat badan. Tetapi, kamu perlu mengurangi waktu jogging. Jika di hari biasa dilakukan jogging selama 1 jam, maka saat puasa kamu hanya perlu melakukan jogging 30 menit saja.

  1. Zumba dan Aerobik.

Banyak para perempuan yang menyukai jenis olahraga ini, Zumba dan aerobic adalah kegiatan yang hampir serupa. Dilakukan dengan berbagai macam gerakan seperti dance yang diiringi dengan alunan musik beat untuk menambah semangat serta suasana fun dan seru akan tercipta di sela-sela olahraga.

  1. Yoga.

Olahraga jenis yoga cocok dilakukan saat puasa, mengapa begitu? Karena yoga dapat membuat tubuh menjadi bugar dan juga pikiran pun menjadi lebih sehat dan rileks, sehingga kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih fokus dan tenang. Selama bulan puasa, pilih gerakan yoga yang tidak terlalu menguras energi. Fokus saja ke teknik pernapasan dan postur-postur yang mudah. Lakukan latihan ini saat perut masih kosong, bisa dua jam sesudah sahur atau satu jam sebelum waktu berbuka.

  1. Bersepeda. 

Bersepeda juga termasuk ke dalam latihan kardiovaskular seperti joging. Selama bulan puasa, kamu bisa memilih untuk mengayuh sepeda static di gym supaya lebih nyaman. Atau bisa juga bersepeda keliling komplek. Sama seperti joging, kurangi intensitas bersepedamu selama puasa. Cukup 15-20 menit, tubuhmu pun sudah cukup bergerak.

  1. Stretching dan Pemanasan Ringan.

Ini cocok dilakukan untuk kamu yang masih sibuk kerja di kantor meski pun sedang puasa. Kamu bisa lakukan stretching dan pemanasan ringan dalam 10 menit saja. Gerakan-gerakannya mudah kok, contohnya lari di tempat, planksit-uppush-up, dan lunges. Gerakan-gerakan tersebut berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, melatih otot tubuh, dan mencegah badan jadi kaku setelah duduk seharian. Dengan begitu, badan kamu tidak akan loyo dan mudah lelah walaupun sedang berpuasa.

  1. Lompat Tali.

Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah lompat tali, kamu bisa melakukan gerakan lompat tali sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bisa dilakukan di kantor atau di rumah, cukup hanya dengan bermodalkan tali skipping saja. Walaupun kelihatan mudah, lompat tali termasuk salah satu olahraga yang paling efektif membakar kalori. Setengah jam melakukan lompat tali bisa membantu pria membakar hingga 425 kalori, sedangkan pada perempuan bisa membakar hingga 375 kalori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here