Bagi kamu yang bertumbuh di generasi 90-an, tentu merasakan banyaknya perubahan. Terutama pada tekhnologi, ingat saja dulu waktu pertama kali kamu menggunakan komputer itu saat-saat duduk di bangku SMP, itu pun masih komputer dengan standar Pentium 1. Meski begitu, komputer zaman dulu adalah benda yang paling canggih.

Sekarang, semua hal apapun yang ingin kita ketahui sudah bisa diakses dengan mudahnya di internet. Seolah tidak ada filterisasi, siapa pun dari kalangan mana pun bisa mengakses internet untuk mencari tahu apa yang ingin diketahui. Tapi berbeda dengan anak-anak zaman 90-an dulu, kalau mau cari tahu segala sesuatu terutama tentang pelajaran pasti dicari melalui buku.

Yup! Buku-buku jadul di bawah ini cuma anak 90-an yang tahu, anak zaman sekarang pasti nggak tahu karena sudah intens menggunakan internet dan googling. Apa saja bukunya?

  1. Buku RPUL.

Masih ingat dengan buku RPUL? Bagi anak-anak sekolah tahun 90-an ini adalah “google”-nya mereka. Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap atau biasa disingkat RPUL ini berisi tentang kumpulan berbagai data, fakta, dan informasi dari sumber terpercaya mengenai pengetahuan Indonesia dan dunia. Disajikan secara padat, ringkas, sistematis, dan jelas. Gunanya RPUL untuk memberikan kemudahan bagi para pelajar, di zamannya terutama saat sedang pelajaran IPS dan PPKN.

  1. Buku RPAL.

Kalau ada Buku RPUL tidak boleh ketinggalan dengan Buku RPAL. Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap atau biasa disingkat RPAL, berisi tentang benda-benda, gejala dan seluruh peristiwa yang terjadi di alam semesta, termasuk tentang flora dan fauna. Buku RPAL biasa dijadikan andalan ketika akan ulangan IPA.

  1. Kamus Lengkap Bahasa Inggris.

Sepertinya, semua anak-anak sekolah 90-an pasti punya buku kamus Bahasa Inggris – Bahasa Indonesia ini. Kamus ini cukup tebal sehingga mampu membuat tasmu menjadi lebih berat ketika membawanya. Pokoknya, saat pelajaran Bahasa Inggris kamu nggak boleh ketinggalan kamus ini sebagai pedomanmu belajar di kelas.

  1. Buku UUD 1945.

Zaman dulu sih menghafal Undang-undang Dasar 1945 adalah wajib hukumnya. Biasanya sebelum masuk kelas atau sebelum pulang sekolah para murid di kelas wajib menghafal UUD 1945 terlebih dahulu. Bukunya yang kecil dan ringkas dibawa kemana-mana menjadi pedoman anak-anak sekolah dalam menghafal UUD 1945.

  1. Buku Atlas.

Buku Atlas ini dijadikan sebagai penunjang dalam pelajaran IPS, Buku Atlas berisi peta Indonesia per-pulau dan juga per-provinsi. Peta negara lain juga ada loh dalam Buku Atlas ini. Kalau kamu ingin mengetahui peta suatu daerah, kamu bisa menggunakan daftar isi. Sementara satunya bernama daftar indeks, digunakan untuk mencari letak suatu kota, sungai, gunung, danau, pegunungan, selat, laut, dan teluk.

6. Buku Belajar Membaca.

Bagi anak sekolah dasar tahun 80-an tentu sudah tidak asing lagi dengan buku pelajaran Bahasa Indonesia (membaca dan menulis) yang dijadikan pedoman belajar sungguh sangat identik dengan naman Budi dan Ani. Buku belajar membaca ini bahkan terkenal dengan sebutan buku “ini ibu budi”.

7. Buku Tabungan.

Selain buku penunjang pelajaran yang sudah disebutkan di atas, kamu anak-anak sekolah tahun 90-an juga pasti akrab dengan buku tabungan ini. Buku tabungan biasa di gunakan oleh anak-anak satu kelas untuk menabung sebagian uang jajannya, ada juga yang suka mengambil uang di buku tabungan untuk jajan, ada juga yang mengambil uang tabungan di dalam buku tabungan tersebut saat pembagian raport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here