Genap sebulan pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk melakukan social dan physical distancing. Hal ini membuat sebagian dari Anda harus work from home (WHF) atau bekerja dari rumah. Keadaan saat ini, tentunya megharuskan Anda melakukan penyesuaian dan perubahan dalam aktivitas bekerja Anda. Di mana, sebagian besar rutinitas Anda berada di dalam rumah. Berikut 7 tips efektif yang akan membantu WFH Anda tidak hanya produktif tapi juga menyehatkan.

  1. Tetap bangun pagi

Langkah pertama dan paling adalah menciptakan rutinitas di mana Anda tetap bangun pagi meskipun sedang menjalani masa WFH  Studi menunjukkan bahwa ketika Anda pergi ke kantor, perjalanan pagi Anda dapat membantu Anda bangun dan merasa siap untuk bekerja. Tetapi itu tidak terjadi ketika Anda bekerja dari rumah.

Bangun terlalu siang, bisa terasa melelahkan dan seperti efek domino, sepanjang hari Anda akan sulit fokus, dan yang terburuk, Anda mungkin harus begadang semalaman untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Jadi, bangun, gosok gigi, sarapan, agar Anda siap memulai WFH.

  1. Atur rutinitas yang konsisten

Seperti yang biasa dilakukan di kantor, penting juga bagi Anda untuk mengatur jadwal rutinitas ketika WFH. Sebagai permulaan, atur alarm dengan pengaturan waktu yang konsisten (untuk bangun dan tidur), sarapan, mandi, dan ganti baju. Tentukan jam kerja reguler dan waktu istirahat makan siang, seperti saat bekerja di kantor. Hal ini akan membuat ada tetap produktif dan jauh dari rasa kemalasan.

  1. Catat tugas harian dan mingguan

Tulis daftar pekerjaan harian dan mingguan yang melibatkan pekerjaan Anda. Ini akan membantu memberi Anda gambaran tentang apa yang harus dilakukan dan diselesaikan. Hal ini membuat Anda mempersiapkan diri lebih baik dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

  1. Ciptakan ruang kerja yang nyaman dan bersih

Hanya karena Anda tidak bekerja di kantor bukan berarti Anda tidak dapat memiliki ruang kantor di rumah Anda. Jangan memilih tempat yang biasa Anda gunakan untuk bersantai, seperti sofa atau bean bag yang nyaman. Dan sebaliknya, ciptakan ruang yang terorganisir, yang akan membantu meningkatkan fokus, energi, dan bahkan rasa percaya diri Anda. Dua hal yang perlu diperhatikan saat menciptakan ruang kerja adalah, kursi yang nyaman dan pastikan menopang punggung Anda menggunakan bantal kecil, agar terhindari dari sakit punggung setelah bekerja untuk jangka waktu yang lama. Studi menunjukkan bahwa menjaga ruang kerja Anda bersih dan rapi dapat membantu Anda lebih fokus dan produktif sepanjang hari.

  1. Istirahat rutin

Meskipun Anda berada di rumah, penting bagi Anda untuk beristirahat di sela-sela pekerjaan. Cobalah istirahat selama 15 menit, setelah Anda mengerjakan cukup banyak tugas.. Jangan lelahkan diri Anda tanpa mengalihkan pandangan dari layar gadget. Sebab hal.iru dapat  menyebabkan sakit kepala yang konstan atau rasa sakit yang berdenyut-denyut di kepala,  serta masalah terkait penglihatan. Studi mendukung pernyataan bahwa istirahat dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan kemampuan seseorang untuk fokus. Tapi pastikan waktu istirahat Anda tidak berlebihan.

  1. Makan siang yang sehat

Penting untuk makan siang sehat dan bergizi. Penelitian menunjukkan bahwa makan siang yang sehat adalah bentuk perawatan diri, karena dapat memberikan energi yang konsisten untuk bekerja. Tetap terhidrasi juga merupakan hal penting. Simpan sebotol air di sebelah laptop atau komputer Anda.

  1. Jaga komunikasi dengan rekan kerja

Selama masa karantina seperti ini, menjaga hubungan sosial dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Meskipun Anda tidak dapat menemui mereka secara langsung, Anda selalu dapat mengirim pesan teks, panggilan telpon, atau video c.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here