Saat ini, di televisi sudah jarang ditayangkan acara kuis. Tidak seperti jaman dulu, di era 90-an acara kuis sempat menjamur di televisi sekaligus dapat membantumu menambah wawasan umum ketika menonton acara kuis. Yuk, kita nostalgia bersama ke acara kuis yang sempat menjadi program paling ditunggu pada masanya;

  1. Kuis Apa Ini Apa Itu.

Kuis yang dipandu oleh Jeffry Waworuntu ini akan membuat wawasanmu lebih luas, Kuis Apa Ini Apa Itu ditayangkan di televisi setiap hari Senin sampai Jumat pukul 12:30 – 13:00. Peserta yang mengikuti kuis ini harus menebak gambar, lagu, suara misteri, tokoh, hingga film.

  1. Kuis Kata Berkait.

Namanya saja sudah kata berkait, kuis ini otomatis sempat membuatmu berpikir lama-lama untuk mencari kata apa yang selanjutnya untuk dijadikan jawaban. Kuis Kata Berkait ditayangkan di RCTI tahun 1995 dan dipandu oleh Nico Siahaan selama 30 menit.

  1. Kuis Piramida.

Kuis Piramdia ditayangkan di RCTI hampir selama 5 tahun dan dipandu oleh Ronny Sianturi. Kuis ini menghadirkan 2 pasang kontestan yang akan beradu kelihaian dan kecepatan dalam menebak frasa yang tepat.

  1. Kuis Tak Tik Boom.

Meski ditayangkan hanya satu kali dalam seminggu, tapi kuis ini mampu memikat hati para penonton selama 6 tahun ketika ditayangkan di televisi. Kuis Tak Tik Boom dipandu oleh Dede Yusuf dengan menonton kuis ini, wawasanmu juga akan bertambah lewat pertanyaan serta informasi yang dilontarkan pada tiap kategorinya. Mulai dari kategori tokoh, iptek, seni, lagu, novel, pahlawan, bahasa, hingga geografi.

  1. Kuis Siapa Berani.

Ditayangkan setiap pagi di Indosiar selama 5 tahun dan dipandu oleh dua host kondang Helmi Yahya dan Alya Rohali membuat kuis ini menjadi tontonan seru, karena peserta Kuis Siapa Berani kerap kali heboh ketika menjawab pertanyaan yang di lontarkan oleh host. Selain itu, wawasanmu juga akan bertambah karena beberapa pertanyaan seputar pengetahuan umum.

  1. Kuis Famili 100.

Dari dulu hingga saat ini kuis Famili 100 masih terus terngiang di ingatan, bagaimana tidak, kuis yang ditayangkan lebih dari 10 tahun dengan jumlah lebih dari 2.500 episode ini memang sangat sukses di Indonesia. Walaupun sempat berpindah-pindah stasiun televisi, namun penggemar kuis ini tidak pernah berkurang. Apalagi didukung oleh Sonny Tulung yang sangat piawai membawakan acara, sehingga durasi 30 menit pasti dirasa kurang lama. Kuis ini juga bisa menjadi ajang untuk memperkaya diksi dalam bahasa Indonesia.

  1. Kuis Komunikata.

Kuis yang paling di nanti setiap sore jam 5 ini ditayangkan di TPI selama 5 tahun. Acara ini menghadirkan 2 kelompok yang terdiri dari 5 orang kontestan. Setiap kontestan harus bisa dengan cepat menebak kata yang dimaksud oleh kontestan sebelumnya dengan menggunakan kata bantu. Kata bantu yang sudah diucapkan oleh kontestan tidak boleh lagi diulang oleh kontestan setelahnya. Dengan melihat kuis komunikata dijamin perbendaharaan katamu jadi makin banyak karena kamu bisa mengetahui padanan kata dari frasa-frasa yang dilontarkan oleh kontestan.

  1. Kuis Who Wants To Be A Millionaire.

Kuis yang dipandu oleh Helmi Yahya ditayangkan di RCTI setiap malam minggu. Peserta kuis ini bisa mendapatkan hadiah 1 Milyar apabila berhasil menjawab beberapa pertanyaan yang di berikan di “Kursi Panas”, apabila peserta tidak bisa menjawab Helmi Yahya memberikan 3 bantuan bantuan seperti Phone a Friend, 50:50, Ask The Audience.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here