Banyak dari kita yang sebenarnya sudah mengalami gangguan mata ringan tapi tidak menyadarinya, bahkan tidak memutuskan untuk lekas memeriksa mata ke dokter atau mungkin tidak langsung menggunakan kacamata. Sedikit gangguan pada mata yang biasa dirasakan adalah sulitnya melihat suatu objek, sampai-sampai harus menyipitkan mata agar memaksa mata bisa melihat suatu objek tersebut.

Baca juga: Atiek CB, Rocker Wanita dengan Ciri Khas Kacamata Hitam

Oleh karena itu, ada baiknya Anda rutin memeriksakan mata ke dokter agar tidak terlambat mengetahui gangguan ringan atau berat pada mata. Sehingga akan langsung mendapatkan penanganan yang harus segera dilakukan. Jika Anda sudah menjaga kesehatan mata dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A untuk mata tapi masih mengalami beberapa tanda-tanda di bawah ini, bisa jadi ini adalah tanda-tanda mata Anda membutuhkan kacamata dengan segera!

  1. Menyipitkan Mata Saat Melihat Sesuatu

Jika Anda sudah mulai sering menyipitkan mata ketika melihat sesuatu, hal ini sering dilakukan saat ingin melihat benda dalam jarak jauh. Saat Anda menyipitkan mata berarti memperkecil ukuran pupil mata, yang mana pupil berfungsi sebagai tempat keluar-masuknya cahaya agar suatu benda dapat terlihat. Dan ukuran pupil yang kecil dapat mengurangi penglihatan yang kabur. Ini merupakan tanda awal bahwa seseorang sudah membutuhkan kacamata.

  1. Sering Sakit Kepala

Biasanya sakit kepala akan Anda alami ketika sedang berkonsentrasi untuk memfokuskan melihat sesuatu dalam waktu yang lama, sakit kepala juga akan dirasakan setelah berjam-jam Anda berada di depan monitor komputer. Sakit kepala yang sering terjadi karena gangguan pada mata titik sakitnya ada di kepala bagian depan. Sakit kepala dapat berubah menjadi rasa nyeri yang berlangsung selama berjam-jam, inilah yang menandakan kalau Anda sudah membutuhkan kacamata.

  1. Tidak Bisa Membaca Tulisan Dari Jarak Dekat

Saat membaca buku tapi Anda selalu menjauhkan buku atau tulisan dari mata, bisa dipastikan bahwa Anda membutuhkan kacamata untuk membaca. Tak hanya membaca buku saja, saat melihat tulisan di layar handphone juga dijauhkan dari mata, ini merupakan tanda mata Anda membutuhkan kacamata baca. Kejadian ini biasa dialami oleh seseorang yang berusia diatas 40 tahun, karena pertambahan usia memang berhubungan dengan penurunan fungsi kerja mata.

  1. Cepat Lelah

Penglihatan mata yang kabur dapat disebabkan oleh kelelahan, jika Anda cepat merasa lelah setelah mengerjakan tugas yang ringan bisa diartikan kalau mata Anda diluar fokus. Otak manusia akan lebih terstimulasi saat fungsi penglihatan masih normal.

Jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda di atas, segeralah lakukan pemeriksaan mata. Apabila diperlukan untuk memakai kacamata jangan menunda-nunda karena hanya akan memperburuk kondisi mata yang mengalami gangguan atau penurunan fungsi kerja mata yang baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here