Jangan duduk di depan pintu, nanti susah dapat jodoh!”, “Jangan duduk di depan pintu nanti seret rejeki” pasti dari kalian sudah banyak sekali kan yang mendengar larangan itu? Karena mitos jangan duduk di depan pintu sudah sangat populer di tengah masyrakat. Mitos yang berkembang sejak jaman dulu berhasil membuat para anak muda yang mendengarnya jadi deg-degan sendiri percaya tidak percaya dengan kebenaran dari mitos tersebut.

Para orang tua zaman dulu memang memiliki banyak mitos, salah satunya mitos larangan duduk di depan pintu yang akhirnya terbawa hingga saat era modern seperti sekarang. Meskipun kadang kedengarannya aneh, apa hubungannya duduk di depan pintu dengan susah dapat jodoh atau rejeki jadi seret?

Tetapi, kalau dikupas lebih jauh tentang mitos larangan duduk di depan pintu ada kaitannya dengan tata krama dan kesopanan yang memang di peruntukkan khusus bagi kaum perempuan. Larangan ini muncul karena pada zaman dulu ada tradisi Nginang yang dilakukan para perempuan dengan cara duduk berjejer di depan pintu sambil mencari kutu, kebiasaan tradisi Nginang berlangsung turun temurun.

Sekarang, mari kita mengupas lebih jauh mitos larangan duduk di depan pintu yang ternyata bisa di terima oleh nalar.

Pertama, Mitos larangan duduk di depan pintu ada kaitannya dengan kesopanan atau tata krama, karena seseorang yang duduk di depan pintu akan menghalang-halangi orang lain yang ingin keluar masuk rumah, termasuk para tamu yang sedang berkunjung ke rumah, atau bahkan dapat menghalangi tamu yang datang ke rumah untuk melamar sang gadis karena duduk di depan pintu jadi susah deh mau keluar masuknya.

Kedua, Selain akan menyusahkan orang lain yang ingin keluar masuk rumah, duduk di depan pintu bisa membuat Anda masuk angin karena udara luar yang dapat lebih terasa ketika duduk di depan pintu.

Ketiga, Khusus bagi ibu hamil, mitos larangan duduk di depan pintu ternyata ada alasannya. Duduk di depan pintu akan memperbesar potensi ibu hamil terpapar penyakit yang ditularkan melalui udara yang menyebarkan virus penyakit seperti flu, dan batuk. Seorang ibu hamil memang tidak boleh sembarangan dalam bertindak karena saat hamil daya tahan tubuh ibu sedang berada pada posisi terendahnya, sehingga dapat membuat ibu hamil rentan terkena infeksi penyakit.

Ketika kita sudah mengupas lebih jauh mitos larangan duduk di depan pintu seperti yang sudah dipaparkan di atas, sudah bisa dong mengambil sisi baik dari mitos tersebut? Karena suatu larangan tidak akan pernah ada jika tidak dimaksud kan untuk hal yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here