Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian dan dambaan setiap orang, khususnya para wanita. Demi mendapatkan berat badan yang ideal, tak jarang banyak orang yang melakukan berbagai cara demi mencapai keinginannya dengan tubuh ideal. Salah satu cara yang kerap kali dilakukan adalah dengan melakukan diet ketat.

Baca juga: Mau Hidup Sehat? Perhatikan Filosofi Minum Air Putih!

Salah satu diet yang dipilih oleh para wanita ini ialah dengan melakukan diet karbo. Diet karbo ini merupakan rangkaian aktivitas yang mengurangi asupan karbohidrat untuk di konsumsi sehari-sehari. Hal ini dipilih lantaran sebagai bentuk diet yang paling mudah untuk dilakukan.

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai penunjang dan sumber kekuatan. Namun, jika kita terlalu banyak atau berlebihan mengkonsumsi karbohidrat, hal ini akan menimbulkan kenaikan berat badan bahkan dapat menimbulkan obesitas.

Dengan melakukan diet karbo ini, para wanita yang merasa berat badannya tidak ideal pun rela untuk tidak makan makanan yang mengandung karbohidrat. Girls, jika kamu melakukan diet karbo tanpa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat merupakan hal yang salah besar loh. Kamu tetap harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan mengurangi porsinya saja.

Pada umumnya, orang dewasa mengkonsumsi karbohidrat sekitar 225 – 325 gram per hari atau 1200 kalori per hari. Jika kamu melakukan rangkaian diet karbo, maka kamu juga perlu mengkonsumsi karbohidrat dengan porsi per harinya kurang lebih 60 gram atau 240 – 520 kalori per hari. Pengurangan dalam mengkonsumsi karbohidrat ini juga harus disesuaikan dengan rangkaian aktivitas yang sedang kamu jalani ya.

Biasanya orang yang melakukan diet karbo berusaha untuk tidak mengkonsumsi nasi sebagai menu utamanya. Kebanyakan orang menggantinya dengan kacang-kacangan, ikan, telur, dan juga sayuran. Sebenarnya, dengan menjalankan diet karbo pun kamu tetap bisa mengkonsumsi nasi, karena nasi tidak mengandung gluten. Selain nasi, kamu juga bisa menggantinya dengan makanan yang tidak mengandung gluten, seperti kentang, ubi, oatmeal, dan kacang-kacangan.

Selain mengurangi porsi makan karbohidrat, kamu yang sedang menjalankan rangkain diet karbo juga diharuskan untuk mengurangi minuman manis, makanan yang mengandung gluten, pemanis buatan, dan juga makanan olahan tepung. Yang terpenting dan sulit untuk dihindari adalah seringnya mengkonsumsi makanan kemasan yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Susah Bangun Pagi? Ikuti Cara Ini Biar Kamu Terbiasa Bangun Pagi

Tujuan utama dalam menjalani diet karbo ini adalah untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan berat badan yang ideal. Karena itu, dengan mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan melakukan ragam aktivitas fisik secara rutin akan tetap membantu kamu menjaga tubuh agar tetap sehat dan terkontrol dengan benar. Jangan sampai dengan menjalankan diet karbo ini justru malah berbahaya bagi tubuh kamu ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here