Tidur disela-sela jam kerja di kantor pasti sering dianggap sebagai tindakan yang tidak disiplin. Padahal, tidur adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja kerja otak. Ada yang menyebutkan bahwa beberapa orang sukses punya kebiasaan Tidur Siang, yang mana ketika kita sedang berada di kantor hal itu sepertinya mustahil untuk dilakukan.

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas di Usia 40 Tahun

Tidur siang juga bisa menghilangkan stress, apalagi karyawan kantoran tak lepas dari teror stress dan kelelahan karena pekerjaan yang sedang dilakukan di kantor. Selain dapat menghilangkan stress, tidur siang juga dapat menangkal penyakit jantung dan meningkatkan energi, tidur siang juga membuat ide-ide cemerlang bisa hadir di kepala.

Ada yang wajib kamu ketahui, kalau baru-baru ini para ilmuwan yang meneliti kebiasaan tidur manusia justru menganjurkan para pemilik perusahaan untuk memberikan waktu tidur siang bagi seluruh karyawan. Seperti yang dikutip dari thesun.co.uk, Psikolog Nerina Ramlakhan mengatakan kalau layar komputer dan cahaya elektronik dapat menguras waktu tidur seseorang.

Psikolog Nerina Ramlakhan selaku pimpinan riset di University of Leeds juga mengatakan anjuran tidur siang di sela jam kerja sangat penting dilakukan, khususnya di hari Senin. Itu lantaran perubahan waktu santai di akhir pekan ke jam sibuk di hari berikutnya dapat membuat kualitas kerja para karyawan menurun.

Jam produktif karyawan dapat berkurang hingga empat jam. Itu salah satu alasan mengapa para atasan harus memberikan waktu tidur siang di kantor, khususnya di awal pekan.

Selain itu, layar komputer dan sinar benda elektronik lain dapat mengganggu rutinitas tidur karyawan setelah bekerja. Penelitian yang digelar sejumlah pakar tidur menunjukkan, para karyawan yang sering terkena radiasi cahaya sering kali hanya dapat tidur lima jam per malam.

Nah, biasanya karena keterbatasan tempat dan tak adanya ruang kosong untuk tidur siang saat di kantor atau tempat kerja, kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di kolong meja kantor untuk sejenak tidur di bawah meja. Kamu bisa bawa selimut untuk alas tidur dan bantal kecil agar posisi tidur terasa nyaman sehingga ketika bangun badan lebih terasa segar dan ide cemerlang bermunculan, sehingga semua pekerjaan yang awalnya terasa berat menjadi mudah untuk diselesaikan.

Baca juga: Ngeri!! Ini Dia Tanda Bahwa Anda Butuh Liburan

Atau, kalau meja kerja di kantormu berbarengan dengan teman yang lain kamu bisa tidur di bangku yang dijejerkan. Gunakan saja 2 bangku agar tubuh dapat tidur dengan nyaman di atas 2 bangku yang dijadikan satu mirip seperti ranjang. Meski terkesan simple dan malas, tidur siang selama beberapa menit di kantor ampuh bikin otakmu jadi lebih produktif lho. Bahkan tidur siang juga bisa mempertajam ingatan. Ketika kamu meluangkan waktu untuk sekedar mengistirahatkan otak sebentar bukan berarti kamu pemalas kok, hal ini justru bikin otakmu lebih sehat dan mudah mengingat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here