Mendengar nama Burger King, Carl’s Jr, Flip Burger hingga Blenger Burger mungkin terdengar tidak asing ditelinga untuk sebuah restoran fast food dengan menu andalan hamburger. Namun bagaimana jika mendengar nama AH Resto? Nama yang cukup asing di telinga generasi kekinian, bahkan mungkin hanya segelintir orang saja yang tau apa itu AH Resto.

Nama AH Resto yang tak dikenal bagi generasi kenkinian ini tidak berlaku untuk generasi 80-an. Pasalnya sebelum nama-nama fast food hamburger yang sekarang dikenal dan banyak dijumpai, AH Restolah primadona hamburger pertama di Jakarta.

American Hamburger yang berdiri sejak tahun 1977 ini terletak di kawasan Melawai, Blok M. Berada dikawasan strategis, AH Resto menjadi salah satu makanan fast food hamburger favorite generasi 80-an. Menu andalan yang ditawakan oleh AH Resto adalah burger, sesuai dengan namanya American Hamburger.

Jika KFC mempunyai Colonel Sanders dan Burger King punya The King, AH Resto juga mempunyai maskot andalan yang hampir mirip dengan maskot Mc Donald’s berbentuk badut. Menariknya, jika di AH Resto maskot tersebut dapat bergerak naik dan turun dari lantai 1 ke lantai 2. Dahulu memang AH Resto memiliki dua lantai yang hanya ditutupi kaca tembus pandang. Kelucuan dari maskot AH Resto itu sendiri pun menambah daya tarik para pengunjung khususnya anak-anak.

Selain mengandalkan menu utama burger, AH Resto juga menyediakan menu-menu pilihan lainnya. Fried Chicken, Steak, Spaghetti hingga ayam rica-rica. Hal ini diterapkan oleh AH Resto untuk memenuhi permintaan pelanggan yang kebanyakan pembelinya adalah warga Indonesia.

AH Resto and Cafe (Source: ahrestocafe.online)
AH Resto and Cafe (Source: ahrestocafe.online)

Salah satu nilai tambah dari AH Resto adalah harganya yang sangat terjangkau dan masuk disemua kalangan, sehingga para pelanggan pun akan kembali lagi untuk membeli makanan di AH Resto. Seiring berjalannya waktu dan mengikuti perkembangan zaman, AH Resto pun menambah menu andalan selain burger. Inovasi yang kali ini dipilih oleh AH Resto adalah penambahan menu cake dan ice cream. Salah satu cake andalannya adalah blackforest.

Memasuki tahun 80 hingga 90-an, mulailah muncul berbagai makanan fast food asal Amerika yang perlahan mulai mengikis keberadaan AH Resto. Tetapi dengan berbekal pengalaman dan cita rasa serta harga yang lebih terjangkau, AH Resto mampu melewati masa krisis dari kehilangan pelanggan. Para pelanggan setia AH Resto tetap setia menyantap sajian dari AH Resto hingga saat ini.

Selama berkecimpun di dunia kuliner, AH Resto masih mampu bersaing dan tetap eksis di kalangan pelanggan setianya. Menu andalan AH Resto yang masih ada hingga saat ini adalah Special Burger Steak AH. Beberapa menu yang menjadi menu andalan AH Resto sudah ada yang dihilangkan, seperti Pizza AH.

Saat ini AH Resto telah berganti nama menjadi AH Resto and Cafe dari semula hanya bernama American Hamburger. Berbagai menu lain pun juga tersaji di AH Resto and Cafe, seperti varian kopi. AH Resto and Cafe telah membuka cabang diberbagai daerah besar di Jakarta seperti Hotel Ibis Cikini, PGC Cililitan, Atrium Mall Senen, Mall Artha Gading hingga Jungle Land Sentul City. Hal ini juga dapat membuktikan bahwa AH Resto and Cafe tetap memiliki pelanggan setia sejak tahun 80-an.

AH Resto and Cafe
AH Resto and Cafe

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here