Billy Drago

Aktor lawas yang namanya dikenal ketika membintangi film The Untouchables (1987), Billy Drago meninggal dunia. Kabar duka ini pun sontak membuat publik terkejut. Billy Drago meninggal dunia pada usia 73 tahun lantaran komplikasi stroke yang ia alami.

Di film The Untouchables Billy berhasil memerankan karakter gangster bernama Frank Nitti. Aktingnya sebagai seorang gangster inilah yang membuat namanya menjadi idola pada saat itu. Ia berhasil menghidupkan karakter kaki tangan Al Capone berwajah bengis di film karya Brian de Palma itu.

Billy Drago terlahir dengan nama William Eugene Burrows Jr. Dirinya lahir di Hugoton, Kansas pada 18 Juli 1946. Ayahnya, William Franklin Burrow Jr merupakan keturunan dari Amerika, sementara Ibunya, Gladys Marie Wilcox berdarah Romany. Nama Billy Drago sendiri ia ambil berdasarkan nama belakang dari pihak keluarga sebagai nama panggung yang membesarkan namanya.

Billy Drago

Karir dari Drago sendiri diawali dengan menjadi seorang stunt man atau pemeran pengganti. Ia memutuskan untuk pindah ke New York untuk mengasah kemampuannya dalam berakting. Drago ingin menjadi seorang aktor perofesional.

Pada tahun 1970-an, Drago mencoba peruntungan dalam dunia perfilman. Wajahnya muncul pada beberapa judul film seperti Cutter’s Way, Windwalker, No Other Love Invasion A.S.A, Hero and the Terror, dan juga Delta Force 2: The Colombian Connection. Namun, nama Billy Drago sendiri besar lewat film The Untouchables.

Billy Drago

Setelah ia bermain dalam film The Untouchables, ia juga sempat bermain dalam sebuah film karya Clint Eastwood berjudul Pale Rider. Selain muncul dalam layar lebar, Drago juga muncul di stasiun televisi di berbagai program seperti Moonlighting, Hill Street Blues, Walker Texas Rangers, Trapper John, MD, dan The X-Files. Bahkan Billy Drago sempat membintangi film produksi kerjasama Indonesia dan Amerika, Lady Dragon 2 yang juga dibintangi Cynthia Rothrock dan George Rudy, film ini disutradarai oleh David Worth (Kickboxer -1989).

Baca juga: Cynthia Rothrock, Juara Mixed Martial Arts yang Lekat di Layar Kaca Era 80-an

Wajah tampan dan antagonis yang ia miliki ini ternyata membuat seorang Michael Jackson tertarik kepadanya. Drago dipercaya untuk terlibat dalam sebuah video klip karya King of Pop di tahun 2001 yang berjudul You Rock My World.

Sang aktor dinyatakan meninggal dunia pada 24 Juni 2019 kemarin di Los Angels. Ia menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan komplikasi struk yang dialami. Duka cita ucapan dari penggemar pun turut meramaikan sosial media. Selamat jalan sang gangster legendaris, Billy Drago.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here