Joker sebuah film yang sedang banyak diperbincangkan oleh khalayak umum menjadi salah satu film terbaik yang lahir pada tahun 2019. Sosok Joaquin Phoenix pun tidak bisa lepas dari karakter Arthur Fleck. Dia adalah aktor yang namanya kian populer, Joaquin Phoenix.

Memiliki nama lengkap Joaquin Rafael Bottom, aktor berkebangsaan Amerika Serikat ini lahir di San Jan, Puerto Rico pada 28 Oktober 1974. Aktor yang saat ini namanya menjadi banyak perbincangan sempat mengalami pasang surut masa karir. Ya, sama seperti aktor pada umumnya yang tidak langsung sukses dan menjadi kaya raya.

Joaquin Phoenix dalam film 'Joker'
Joaquin Phoenix dalam film ‘Joker’

Berperan sebagai sosok Joker atau Arthur Fleck, Phoenix sempat mengubah namanya menjadi Leaf Phoenix saat kecil hingga berusia sekitar 15 tahun. Sejak kecil pula dirinya sudah sangat akrab dengan dunia hiburan lantaran ibunya bekerja sebagai sekretaris di NBC.

Karirnya di dunia hiburan berawal saat ia membintangi sebuah serial komedi berjudul ‘Seven Brides for Seven Brothers’ tahun 1982. Seolah menemukan jati dirinya, Phoenix pun mulai mencicipi dunia layar lebar. Ia pun mencicipi akting di layar lebar pada film ‘SpaceCamp’, sebuah film yang dirilis pada tahun 1986. Sejak saat itulah karirnya di dunia akting kian menanjak.

Joaquin Phoenix dalam film 'Gladiator' (2000)
Joaquin Phoenix dalam film ‘Gladiator’ (2000)

Semasa karirnya yang mulai dicintai Phoenix sempat menghilang di tahun 1990-an. Absennya Phoenix di dunia hiburan ini kabarnya dikarenakan perceraian kedua orang tuanya dan juga kepergian sang kakak, River Phoenix. River meninggal dunia lantaran over dosis di sebuah kelab milik Johnny Depp. Sejak saat itulah ia memutuskan untuk rehat dari dunia hiburan.

Tahun 1995, Phoenix memberanikan diri untuk kembali ke dunia hiburan. Saat itu ia beradu akting dengan Nicole Kidman dalam film ‘To Die For’ yang dirilis tahun 1995. Memasuki tahun 2000 menjadi tahun terbaik dari kembalinya Phoenix ke dunia hiburan.

Joaquin Phoenix dalam film 'HER' (2013)
Joaquin Phoenix dalam film ‘HER’ (2013)

Saat itu Phoenix dipercaya untuk bermain di film ‘Gladiator’ dan memainkan karakter Commodus. Aktingnya dalam film ‘Gladiator’ membuktikan bahwa Phoenix memang berbakat dan patut diperhitungkan. Bukan hanya itu saja, kecintaan penggemar terhadap sosok Phoenix kembali memuncak saat ia sukses berperan sebagai Theodore Twombly di film ‘Her’ (2013).

Phoenix sempat mengalami sebuah kecelakaan maut yang hampir merenggut nyawanya. Kecelakaan tersebut terjadi pada tahun 2016 lalu. Beruntungnya nyawa Phoenix berhasil diselamatkan oleh Warner Herzof, seorang sutradara ternama asal Jerman. Meskipun demikian goresan yang ada pada bagian wajah Phoenix bukanlah luka akibat kecelakaan tersebut. Goresan tersebut adalah tanda lahir dari seorang Joaquin Phoenix.

Joaquin Phoenix dalam film 'Joker' (2019)
Joaquin Phoenix dalam film ‘Joker’ (2019)

Aktor populer itu kini kian populer berkat akting dan kesuksesannya dalam film ‘Joker’. Phoenix sukses besar berperan sebagai Arthur Fleck. Meskipun sukses besar, Phoenix kabarnya sempat menolak untuk berperan sebagai Joker. Hal ini karena dirinya malas terlibat dalam film-film yang mengandung sekuel atau prekuel. Untungnya, tawaran dari Todd Phillips lantaran film Joker tidak ada kaitannya dengan DC Universe.

Baca juga: Berkaca dari Film Joker: Pentingnya Kesehatan Mental yang Tidak Boleh Dianggap Sepele!

Perjuangan besar seorang Phoenix dalam memerankan karakter Joker ini pun terbayar dengan kesuksesan film yang baru di rilis pada 4 Oktober 2019 lalu ini. Nama Joaquin Phoenix pun sangat layak dan pantas menerima piala Academy Awards atau Oscar. Bagaimana pendapat mu tentang Phoenix?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here