Aldiron Plaza Blok M
Aldiron Plaza Blok M

Nun jauh sebelum Blok M mengalami renovasi seperti saat ini, pada masa lalu terdapat pusat belanja yang sangat ikonik di wilayah Melawai, yang tak lain adalah Aldiron Plaza. Sekitar tahun 80-an, Aldiron Plaza Blok merupakan pusat perbelanjaan elit bagi warga Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Dan uniknya, salah satu lantai di pusat perbelanjaan Aldiron Plaza ini dulunya menjadi surga bagi para komunitas sepatu roda.

Terletak di lantai paling atas di Aldiron Plaza Blok M, nama Happy Day pun melegenda. Para pecinta sepatu roda berbondong-bondong untuk mengunjungi kawasan elit Jakarta Selatan itu. Bagi remaja di era 80-an, mengunjungi dan bergabung dengan komunitas sepatu roda di Happy Day sudah menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, Happy Day menjadi tempat pertama berkumpulnya para pecinta sepatu roda yang mencakup semua kalangan.

Gedung Aldiron Plaza Blok M ini memiliki desain yang cukup unik dan futuristik di era 70 dan 80-an. Jika dilihat dari luar, gedung Aldiron Plaza Blok M ini terlihat sangat mewah dengan desain yang indah. Didalam gedung Aldiron Plaza Blok M juga terdapat sebuah plakat peresmian yang beriskan tanda tangan gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Aldiron Plaza Blok M (Source: aldiron.com)
Aldiron Plaza Blok M (Source: aldiron.com)

Tak hanya surga bagi para pecinta sepatu roda, Aldiron Plaza Blok M juga menjadi pusat perbelanjaan bagi kaum sosialita. Terdapat pedagang-pedagang yang menjual berbagai macam barang mulai dari yang biasa saja hingga yang bermerek.

Happy Day menjadi salah satu tempat yang menghidupkan suasana Aldiron Plaza Blok M saat itu. Tak hanya Happy Day saja tempat untuk pecinta sepatu roda, disana juga terdapat club sepatu roda bernama Lipstik. Namun yang membedakan adalah pembagian usia yang sangat kental. Jika di Happy Day lebih dominan untuk umum dan anak-anak, maka di Lipstik diperuntukan untuk orang dewasa.

Salah satu radio di Jakarta yakni Prambros, bahkan menjadi salah satu pioner yang membangkitkan semangat dan menciptakan musik-musik hits di kawasan Aldiorn Plaza Blok M. Happy Day dan Lipstik pun memiliki berbagai kegiatan selain sebagai tempat berkumpulnya pecinta sepatu roda, salah satunya tempat berkumpulnya komunitas dance.

Prambors juga lah yang menjadi media penyalur dari komunitas dance yang saat itu lebih dikenal dengan breakdance. Dahulu di Happy Day dan Lipstik sempat diadakan sebuah perlombaan breakdance yang disponsori oleh Prambors.

Seiring berjalannya waktu, Aldiron Plaza Blok M pun mulai sepi dengan pengunjung. Banyaknya gedung dan pusat perbelanjaan baru yang dibangun, membuat Aldiron Plaza Blok M kehilangan masa kejayaannya. Begitu juga dengan Happy Day dan Lipstik yang sudah tidak nyaman lagi digunakan oleh pecinta sepatu roda. Tempatnya yang beralih fungsi sebagai tempat pacaran kaum muda membuat beberapa pecinta sepatu roda mulai meninggalkan Happy Day dan Lipstik.

Kini, Aldiron Plaza Blok M sudah tidak bisa ditemukan, yang ada hanyalah bangunan baru yang dikenal dengan Blok M Square. Meskipun sudah tak berwujud, kenangan para pecinta sepatu roda saat bermain di Happy Day dan Lipstik masih sangat membekas dibenak generasi 80-an.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here