Saat ini bekerja sudah menjadi gaya hidup. Tuntutan peranan kehidupan mengharuskan seseorang untuk terus bekerja agar dapat memenuhi semua kebutuhan hidup. Inilah mengapa banyak kalangan yang bekerja keras dari pagi hingga larut malam dari usia muda hingga usia senja.

Baca juga: Agar Lebih Produktif, Benarkah Karyawan Harus Dapat Jatah Tidur Siang di Kantor?

Tetapi sebenarnya tidak disarankan tetap bekerja ketika memasuki usia 40 tahun yang mana sudah dalam usia yang harus merasakan rileks dan tidak diberati dengan tekanan pekerjaan. Karena, usia yang terus bertambah membuat fungsi tubuh melemah, sebaiknya seseorang yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas sudah mulai mengurangi aktifitas di kantor.

Menurut sebuah hasil penelitian yang sudah dilakukan dari University of Melbourne, Australia menyebut bahwa produktifitas seseorang yang berusia 40 tahunan akan meningkat jika jam kerja dikurangi. Penelitan tersebut melibatkan sejumlah pekerja berusia 40 tahun ke atas dengan melakukan serangkaian test.

Dalam test yang dilakukan, para peneliti menemukan kemampuan kognitif seseorang berusia 40 tahun akan meningkat jika bekerja tiga hari dalam seminggu. Tentu saja hasil penelitian itu bertentangan dengan apa yang sudah menjadi pakem aturan pekerjaan di sebuah perusahaan, dan juga hasil test ini tentu saja bisa bertentangan pada kepercayaan banyak orang yang selama ini mempercayai jika bekerja dalam waktu berjam-jam dapat meningkatkan produktifitas.

Sedangkan faktanya, seseorang yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas harus lebih banyak berolahraga yang rutin agar tubuh dan pikiran menjadi rileks. Karena bekerja berlebihan di usia 40 tahunan justru akan merusak fungsi otak yang dapat menyebabkan stress dan kelelahan. Kalau sudah stress dan kelelahan tentunya dapat mempengaruhi produktifitas seseorang, bukan?

Jadi perlu diperhatikan jika masih bekerja keras di usia 40 tahunan, rutinnya menjalani olahraga dan menjaga pola asupan makanan dan gaya hidup sehat menjadi suatu hal wajib yang harus dilakukan agar bisa tetap bekerja di usia 40 tahun. Karena bekerja di usia 40 tahun bisa membantu mempertajam daya ingat asal diiringi dengan istirahat yang cukup dan pola hidup sehat agar terhindar dari segala macam beban pekerjaan yang bisa memperburuk kondisi tubuh ketika sudah memasuki usia emas. Dengan begitu Anda akan tetap produktif dan sehat dalam menjalani pekerjaan yang Anda miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here