Restu Triandy atau yang dikenal dengan nama bekennya Andy /rif merupakan salah satu penyanyi rock Indonesia yang terkenal pada era 1990-an. Karir Andy di belantika musik Indonesia bisa dikatakan sukses besar dan membawa musik rock Indonesia lebih dikenal, dan diterima oleh kalangan masyarakat luas. Selain dikenal sebagai penyanyi rock, Andy juga melebarkan sayap karirnya ke dunia akting, terakhir ia turut berpartisipasi dalam film Wiro Sableng 212.

Baca juga: Asia Bagus – Tonggak Show dan Ajang Pencarian Bakat Tarik Suara di Indonesia

Pria kelahiran 12 Oktober 1968 ini sejak kecil memang dikenal sebagai sosok yang gemar bernyanyi. Kepiawaiannya dalam melantunkan nada ini pun ia salurkan untuk mengikuti berbagai ajang perlombaan menyanyi. Bahkan Andy kerap kali terpilih menjadi pemenang dalam perlombaan menyanyi.

Semasa mudanya di Bandung, Andy bertemu dengan rekan-rekan yang gemar bermain musik. Ia pun memutuskan untuk membentuk sebuah band rock, yang saat itu diberi nama Badai Band.  Badai Band ini pun dibentuk pada tahun 1992. Setahun kemudian, band rock tersebut pun mengalami perubahan nama, dari Badai Band menjadi R.I.F atau Rhythm in Freedom.

Band yang beraliran rock ini pun memulai karirnya sebagai band yang tampil dari kafe ke kafe. Memasuki tahun 1995, R.I.F mengalami perubahan nama kembali. Kali ini, Andy bersama rekan-rekannya sepakat untuk menambahkan garis miring (/), pada awal nama band rock mereka. Nama tersebut pun menjadi /rif/.

Formasi awal pun dibentuk dan dipatenkan, anggota dari /rif pun juga ditetapkan. Dengan posisi personilnya antara lain, Andy (vocal). Maggi (drum), Adji (gitar). Iwan (bass), dan Denny (gitar). Konsisten dengan nama /rif, mereka pun memulai debutnya dengan masuk ke dapur rekaman.

Andai ku jadi radja, mau apa tinggal minta. Tunjuk sini tinjuk sana dengan sedikit kata.

Sepenggal lirik lagu diatas merupakan lagu debut /rif dibelantika musik Indonesia. Lagu tersebut masuk kedalam album pertama /rif yang bertajuk Radja, dengan lagu andalan yang berjudul sama dengan nama album /rif.

Selama berkarir di belantika musik Indonesia, sedikitnya 8 album sudah berhasil dirilis oleh /rif. Bahkan /rif juga mendapat beragam penghargaan dan juga masuk ke dalam berbagai nominasi, salah satunya penghargaan Video Klip Terbaik di VMI tahun 2000-2001.

Sukses bersama dengan /rif, Andy juga sempat mencoba bersolo karir, maupun berduet dengan para musisi dan penyanyi hebat lainnya. Andy merilis sebuah album bertajuk Senandung Hati, yang berisikan kumpulan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh para musisi ternama.

Tak berhenti sampai disitu saja, Andy pun melebarkan karirnya ke dunia akting bersama dengan Jikun alias Adji, gitaris /rif. Bersama dengan Jikun, Andy pun memulai debutnya di dunia akting dan berlaga pada film Ger13ang. Film ini merupakan karya dari seorang sutradara pendatang baru, Nanda J. Umbara.

Ketampanan wajah Andy pun nampaknya mulai dilirk oleh banyak sutradara maupun produser film. Sejak bermain di film Ger13ang, wajah bule Andy muncul pada film serial Dunia Tanpa Koma sebagai seorang cameo yang bernyanyi di sebuah bar yang digambarkan sebagai tempat transaksi jual-beli narkoba. Belajar dari akting dan perannya di kedua film tersebut, kemampuan Andy pun kian membuahkan hasil. Dirinya pun dinobatkan untuk bermain pada film legendaris, Wiro Sableng 212 bersama dengan Vino Bastian.

Andy ditunjuk untuk memerankan Dewa Tuak pada film garapan Lifelike Picture, yang bekerja sama dengan 20th Century Fox. Pada film Wiro Sableng ini, Andy pun mendapat ilmu dan mendalami aktingnya dalam bermain film. Dirinya juga diharuskan belajar bela diri untuk totalitasnya sebagai Dewa Tuak.

Terlepas dari karirnya, Andy merupakan seorang ayah yang dikaruniai dua orang putra dari dua pernikahan yang berbeda. Andy pernah menikah dengan wanita asal Amerika Serikat, Angie dan memiliki seorang putra bernama Jordan Norkett.

Pernikahan keduanya harus kandas ditengah jalan pada tahun 1997, yang kemudian mengharuskan Jordan anak laki-laki Andy ikut ke Amerika bersama sang Ibu. Setelah perceraiannya dengan Angie, Andy pun menikah kembali dengan salah satu pemenang None Jakarta tahun 2000, Lyla Sisilia. Pernikahan keduanya pun juga dikaruniai seorang putra bernama Balian Ibrahimovich.

Perjalanan kisah Andy baik bersama keluarga maupun bersama dengan /rif pun terus berlanjut. Meski tak sepopuler dulu, /rif mampu konsisten dengan musik rock yang akan terus memberikan warna musik Indonesia.

Baca juga: Java Jive – Band Legendaris yang Terinspirasi dari Manhattan Transfer

Pada perhelatan akbar musik tahunan khas generasi 90-an, yakni The 90’s Festival, /rif akan turut gabung dan tampil diatas panggung The 90’s Festival. Event ini akan dilangsungkan pada 10 November 2018 mendatang, yang bertepat di Gambir Expo Kemayoran dengan harga tiket yang dibandrol mulai dari Rp550.000 hingga Rp1.400.000.

Tak hanya /rif yang akan meramaikan The 90’s Festival, sederet musisi yang berjaya pada tahun 90-an pun juga turut andil dalam bernostalgia, seperti Kidnap Katrina, Fatur dan Nadila, Java Jive, Funky Kopral, hingga Blue dan The Moffatts.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here