SANSKERTA 2019 merupakan sebuah acara kesenian teater berbentuk drama musikal yang pada tahun ini mengusung tema “Arjuna: Perjuangan Mengungkap Makna”. SANSKERTA 2019 merupakan sebuah event tahunan dari Universitas Prasetiya Mulya yang bertujuan untuk mengemas budaya tradisional dengan cara yang lebih modern.

Dengan mengangkat nilai keberanian dan rendah hati, SANSKERTA 2019 ingin meng-inspirasi para pemuda yang sedang dalam proses pencarian jati diri dengan menyaksikan kisah perjalanan Arjuna dalam mengungkap jati dirinya.

SANSKERTA 2019 telah dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juni 2019 di Ciputra Artpreneur. Kisah Arjuna dimulai pada saat sang Dewi Kunthi ditinggal Prabu Pandu menghadap Sang Hyang Tunggal. Arjuna dan keempat saudaranya dengan julukan 5 Pandawa akhirnya kehilangan seorang ayah, hingga mereka harus memutuskan siapa yang akan menjadi penerus, sembari merawat ibu tersayangnya, Dewi Kunthi.

Dewi Kunthi dan Arjuna

Kemudian Pandawa dan Dewi Kunthi kembali ke Bumi Hastinapura, sebuah kerajaan yang dahulu dipimpin oleh Prabu Pandu. Namun, saat ini diteruskan oleh adiknya yaitu Raja Dretarastra, seorang yang buta namun karena tradisi, ia harus menjadi raja. Raja Dretarastra dikaruniai 100 orang anak yang disebut Kurawa yang dipimpin oleh si sulung Duryodhana bersama Dursasana.

Kembalinya Pandawa dan Dewi Kunthi memunculkan kecemburuan dari Duryodhana terhadap Yudhistira yang merupakan pewaris Kerajaan Hastinapura. Hal ini membangkitkan angkara murka dari Duryodhana terhadap Pandawa. Selama di Kerajaan Hastinapura, Pandawa dididik oleh seorang guru sakti mandraguna bernama Resi Drona. Pandawa tumbuh menjadi ksatria-ksatria yang lebih superior dibanding para Kurawa. Arjuna selalu menunjukkan kesombongan atas kemampuan yang ia punyai. Hingga suatu saat pada acara unjuk bakat bagi murid Drona.

Hingga terjadilah sebuah perang saudara yang disebut Perang Barathayuda yakni perang antara Pandawa dan Kurawa. Peperangan tersebut diakhiri dengan kemenangan oleh Pandawa dan Duryodhana yang kalah diberikan pengampunan oleh para Pandawa. Hal ini dikarenakan sekeji apapun perbuatannya, Ia tetaplah saudara dari para pandawa. Inilah kisah tentang perjuangan Arjuna dalam mengungkap makna hidupnya, yang selalu diusik oleh ekspektasi namun yang ia dapati hanyalah kegagalan demi kegagalan.

Kisah ini dikemas dengan begitu epic dimana terdapat adegan komedi yang sangat menghibur penonton, tarian dan nyanyian yang begitu menarik dan nilai-nilai yang disuguhkan pun selaras dengan realita yang ada saat ini. Kesuksesan drama musical “Arjuna: Perjuangan Mengungkap Makna” tidak lepas dari binaan Director dan Assistant Director yakni Markus Harjanto dan Michael Devapriya Bismantara, Choreographer yakni Siko Setyanto, dan seluruh kerja keras dari panitia SANSKERTA 2019 selama 10 bulan lamanya. Pertunjukan kali ini disajikan dengan penuh sarat makna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here