Sejarah Doraemon
Sejarah Doraemon

Siapa yang tak mengenal kartun robot kucing berwarna biru bernama Doraemon? Sosoknya yang menggemaskan ini menemani kisah perjalanan remaja generasi 90-an loh. Terdengar sangat familiar, bagaimanakah asal usul dan sejarah singkat dari Doraemon?

Doraemon merupakan serial kartun karangan Fujiko F. Fujio asal Jepang pada tahun 1969. Serial kartun ini mengisahkan tentang kehidupan seorang robot kucing dari abad ke-22. Robot ini ditugaskan untuk menjadi pengasuh dan pelayan keluarga Nobita, yang memiliki seorang anak pemalas dan hidup dalam keluarga miskin.

Sejarah Doraemon
Sejarah Doraemon

Sebagai robot yang diciptakan oleh sebuah pabrik di Tokyo, Doraemon dibuat pada 3 September 2112. Mulanya pembuatan dan produksi dari robot Doraemon ini akan diproduksi dalam jumlah yang banyak dan akan dipasarkan. Doraemon memiliki kode produksi sendiri yaitu MS—903.

Pada saat produksi pertama sosok robot kucing ini memiliki warna kuning, yang juga dilengkapi dengan telinga. Dalam proses produksi yang cukup banyak, perusahaan asal Tokyo membuat satu kesalahan terhadap satu robot. Insiden ini membuat robot kucing tersebut menjadi barang kelas dua.

Robot kucing yang kemudian dikenal dengan Doraemon ini pun harus melakukan banyak latihan dan dikirim ke Akademi Robot untuk dilatih sebagai robot rumah tangga. Doraemon selalu mendapatkan nilai buruk dan terancam gagal. Meskipun demikian ia akhirnya lulus dan menjadi robot rumah tangga yang dilelang. Selama pelatihan, Doraemon bertemu dengan rekan-rekan sesama robot, seperti Wang Dora, Dora-the-kid, Dora-med III, El Matadora, Dora-rinho, dan Dora-nicov.

Sejarah Doraemon
Sejarah Doraemon

Hasil dari lelang tersebut pun membawa Doraemon ke pelukan keluarga Nobita, keluarga miskin yang terlilit hutang cukup banyak. Doraemon pun ditugaskan untuk menjadi pengasuh anak dari keluarga tersebut yang bernama Nobita.

Suatu hari ketika Doraemon si robot kucing berwarna kuning ini sedang asik tidur, tanpa di duga sebuah robot tikus menggigit kedua daun telinga Doraemon. Kejadian ini pun lantas membuat Doraemon sangat membenci tikus dan juga membuat dirinya menangis. Gigitan dari robot tikus yang ternyata milik dari Sewashi, yakni cicit Nobita, membuat kedua telinga Doraemon hilang.

Dorami adik dari Doraemon pun memberikan ramuan kebahagiaan untuk menghibur kakak tercinta. Sayangnya ramuan yang diberikan oleh Dorami salah. Ramuan yang diberikan bukanlah ramuan kebahagiaan melainkan ramuan kesedihan. Sejak saat itulah Doraemon tak bisa berhenti menangis selama berhari-hari, yang kemudian mengakibatkan perubahan warna pada dirinya yang semula kuning menjadi biru.

Sejarah Doraemon
Sejarah Doraemon

Doraemon pun kini menjadi sosok serial kartun legendaris yang dikenang dan menjadi salah satu kartun favorit pada masanya. Berawal dari sebuah kegagalan hingga akhirnya Doraemon mendapat seorang teman yang juga majikannya, Nobita. Selain Nobita, Doraemon juga berteman dengan karakter-karakter lainnya seperti Sizuka, Suneo, hingga Giant musuh dari Nobita.

Cerita asal usul dan sejarah singkat Doraemon ini pernah ditayangkan dalam sebuah film anime pendek berjudul 2112: The Birth of Doraemon (1995). Doraemon hanyalah sebuah robot cerdas dengan kemampuan luar biasa yang memiliki tinggi 129,3 cm dengan bobot 129,3 kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here