Siapa yang tidak mengenal tokoh kartun kucing dan tikus, Tom and Jerry? Serial kartun legendaris yang sudah menemani lintas generasi ini nampaknya tidak akan pernah habis tergerus zaman ya. Kemunculan kartun Tom and Jerry ini menjadi salah satu tontonan yang wajib dan tak boleh ketinggalan penayangannya. Lantas dari manakah asal usul kartun legendaris Tom and Jerry ini berasal? Dan siapakah pembuat tokoh kartun ikonik ini?

Dia adalah William Hanna dan Joseph Barbera, kedua kartunis yang berhasil menciptakan karakter Tom and Jerry. Keduanya pun memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan animasi dengan nama Hanna Barbera.

Sebelum bertemu dengan Joseph Barbera, Hanna lebih dulu bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kesenian, Pasific Title and Art. Disana, Hanna mengembangkan bakatnya dalam menggambar dan membuat animasi.

Memasuki tahun 1933, Hanna berhasil masuk dan bergabung ke salah satu perusahaan animasi ternama, yakni Metro Goldwyn Mayer (MGM). Bahkan tak tanggung-tanggung, dirinya dipercaya untuk memegang jabatan sebagai direktur departemen animasi.

Pertemuannya dengan Barbera pun terjadi ketika ia bekerja di Metro Goldwyn Mayer (MGM). Keduanya pun memutuskan untuk bekerjasama dalam menciptakan sebuah kartun animasi. Dimana, saat itu Barbera sebagai penulis naskah yang hebat. Hingga pada akhirnya kartun pertama buatannya bersama dengan Barbera pun dirilis. Kartun tersebut ialah Puss Gets the Boots (1940).

Kartun pertama yang berhasil Hanna dan Barbera ciptakan ini pun berhasil mencuri perhatian. Bahkan Puss Gets the Boots berhasil masuk ke dalam nominasi Academy Awards. Keberhasilan kartun tersebut akhirnya mengantarkan Hanna dan Barbera menemukan ide cemerlang lainnya.

William Hanna dan Joseph Barbera
William Hanna dan Joseph Barbera

Keduanya sepakat untuk mengembangkan ide cerita dan animasi dengan latar belakang kucing dan tikus. Meskipun saat itu kartun dengan tokoh kucing dan tikus sudah banyak beredar, hal tersebut tidak menyurutkan niat dan ide cemerlang dari keduanya.

Hingga pada tahun 1941, kartun legendaris Tom and Jerry mengudara pertama kali di layar kaca Amerika Serikat. Respon baik pun berhasil diraih. Tom and Jerry menjadi kartun favorite semua kalangan, baik anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menyukai Tom and Jerry.

Baca Juga:Evolusi Mickey Mouse Si Kartun Tikus Yang Menjadi Ikon Disney

Eksistensi kartun kucing dan tikus ini pun mampu bertahan hingga 17 tahun lamanya untuk menjalin kontrak secara eksklusif bersama dengan Metro Goldwyn Mayer (MGM). Selama 17 tahun tersebut, sedikitnya 114 cerita telah dibuat, yang juga berhasil memenangkan tujuh penghargaan di ajang Academy Awards.

Sayangnya kesuksesan kartun Tom and Jerry ini tidak lagi di dukung oleh Metro Goldwyn Mayer (MGM). Perusahaan animasi tersebut menutup departemen animasi dan menghentikan produksi animasi yang sedang berjalan. Hanna dan Barbera pun akhirnya memutuskan untuk membangun rumah produksi sendiri dengan nama Hanna Barbera.

William Hanna dan Joseph Barbera

Hanna dan Barbera pun tidak lagi memproduksi animasi Tom and Jerry. Keduanya justru menciptakan animasi terbaru dengan judul The Filntstones yang tak kalah terkenalnya dengan Tom and Jerry.

Tahun 1960, MGM mempekerjakan Rembrandt Film yang dipimpin oleh Gene Deitch untuk memproduksi Tom and Jerry. Namun, pada tahun 1963, Tom and Jerry kembali di produksi oleh Hollywood dan dikerjakan oleh Sib-Tower 12 Production yang di pimpin oleh Chuck Jones. Bersama dengan Chuck Jones, Tom and Jerry mampu bertahan hingga tahun 1967.

Kegagalan dari produksi yang kian semrawut akhirnya membuat Hanna dan Barbera kembali mengakusisi hak atas produksi Tom and Jerry. Rumah produksinya pun kembali membuat alur cerita dari karakter tikus dan kucing ini.

Penayangan dari serial animasi Tom and Jerry ini pun mulai masuk ke stasiun televisi Amerika Serikat setiap hari Sabtu pagi. Hingga pada akhirnya Tom and Jerry mulai di kenal oleh seluruh dunia. Tom and Jerry berhasil menjadi kartun legendaris yang menjadi salah satu kartun favorite sepanjang masa.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here