Dawet Ayu adalah minuman khas dari Kabupaten Banjarnegara, es dawet ayu cocok di minum siang hari karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Dawet ayu terbuat dari tepung beras, sedikit tepung kanji dan juga pandan.

Dawet ayu asal Banjarnegara ini punya ciri khas, yakni penggunaan pandan asli yang memberi sensasi aroma pandan pada dawetnya. Campuran tepung beras dan sedikit tepung kanji juga memberi sensasi lembut dan tidak terlalu kenyal.

Es Dawet Ayu

Biasanya, dawet ayu disajikan dengan campuran gula aren kental, santan kental dan juga es batu. Sedangkan di daerah Banjarnegara, pada gulanya diberi campuran buah durian guna memperkaya rasa es dawetnya. Es dawet juga sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau di pinggir-pinggir jalan.

Tapi tahukah kamu dari mana asal usul nama dawet ayu berasal? Ternyata dari sebuah lagu lho!

Ternyata sejarah nama dawet ayu awalnya ketika ada grup lawak yang sangat terkenal di daerah eks karesidenan Banyumas yang manggung di kota Banjarnegara. Setelah selesai manggung kemudian grup tersebut mencicipi dawet yang terletak di Jalan Dipayuda. Karena terkesan dengan rasa dawetnya yang enak dan segar, serta penjualnya yang berparas cantik atau ayu mereka lalu menyebut nama minuman itu dengan nama “Dawet Ayu”.

Minuman itu pula yang menginspirasi terciptanya lagu gaya Banyumasan yang berjudul Dawet Ayu Banjarnegara. Pada tahun 1980-an ada seniman dari Banjarnegara bernama Bono menyanyikan sebuah lagu “Dawet Ayu Banjarnegara” dan kemudian lagu tersebut di populerkan kembali oleh Grup Seni Calung dan Lawak Banyumas Peang Penjol yang terkenal di Karesidenan Banyumas pada era 1970-1980-an. Grup lawak dan lagu itulah yang berperan ikut andil dalam mempopulerkan dawet ayu hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia.

Kalau menyebut nama dawet ayu, otomatis langsung terlintas gerobak es dawet ayu yang khas. Yaitu gerobak kecil yang ada 2 tokoh wayang di atasnya. Kedua tokoh wayang itu adalah Semar dan Gareng. Unsur jawa memang sangat kental ya di minuman yang satu ini, pembaca kabarsidia.com siapa nih yang suka banget minum es dawet ayu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here