Popeye Si Pelaut yang merupakan tokoh kartun karakter fiksi yang diciptakan oleh Elzie Crisler Segar, karakter ini muncul dalam komik dan kartun animasi di bioskop maupun di televisi. Popeye pertama kali muncul di harian King Features komik Thimble Theatre pada 17 Januari 1929.

Max dan Dave Fleischer ‘s Fleischer Studios mengadaptasi karakter Teater Thimble menjadi serangkaian Popeye The Sailor Man kartun yang identik dengan celana pendek untuk Paramount Pictures. Popeye terbukti menjadi salah satu yang paling populer dari tahun 1930-an, Fleischers kemudian mendirikan sendiri Paramount Studios.

Dalam perjalanannya Popeye mengalami puncak popularitasnya, Popeye telah muncul di komik-komik, kartun televisi, dan video game, ratusan iklan dan produk perifer, dan film tahun 1980 live-action disutradarai oleh Robert Altman dan dibintangi oleh komedian Robin Williams yang berperan sebagai Popeye.

Karakter kartun Popeye digambarkan sebagai pria berotot yang sangat menyukai sayur bayam, setelah memakan bayam Ia mendapatkan kekuatan super dan bisa mengalahkan lawan-lawannya. Selain itu, ada juga karakter bernama Olive sebagai pacarnya Popeye dan Brutus, laki-laki yang digambarkan mempunyai tubuh jauh lebih besar dan berotot dari Popeye ini selalu ingin merebut Olive dari Popeye. Selain itu ciri khas yang ada dalam karakter Popeye adalah ‘cangklong’ atau corong rokok yang selalu dipakai Popeye kapanpun dan di mana pun.

 

Popeye adalah tokoh kartun yang berprofesi sebagai pelaut lengkap dengan tato jangkar di tangannya yang menjadi ciri khasnya. Meski terkadang terlihat urakan Popeye tetap memilki karakter yang baik hati dan suka menolong serta membela keadilan.

Namun dibalik karakter Popeye yang terlihat lucu dan banyak menarik perhatian orang, ternyata ada propaganda di balik kartun Popeye dengan bayamnya.

Pada saat perang dunia ke-II Amerika mengalami depresi ekonomi, kebutuhan makanan bergizi seperti daging, telur, ikan, susu, dan lain-lain banyak yang dikirim sebagai pasokan makanan untuk tentara Amerika, karena tentara membutuhkan banyak asupan sebagai tenaga. Akhirnya munculah karakter Popeye dengan bayamnya untuk mengajak warga Amerika untuk makan sayur, sehingga bisa menanggulangi permasalahan krisis ekonomi yang mereka alami.

Meski hadir dengan kelucuan dari segala tingkahnya, Popeye juga memiliki sisi lain dalam propaganda. Walau begitu, Popeye termasuk ke dalam salah satu kartun anak 80-an dan 90-an yang menjadi favorit dan hits hingga sekarang. Sampai saat ini pun kamu masih bisa lho nonton kartun Popeye di jejaring internet, Popeye Si Pelaut selalu jadi idola anak jaman dulu hingga anak jaman sekarang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here