Istilah kentut atau buang angin merupakan hal yang bisa membuat kita merasa malu atau sungkan untuk mengeluarkannya. Padahal jika dilihat dari faktor keseharan, kentut sangat diperlukan dan tidak boleh ditahan. Jika kentut sengaha ditahan karena faktor tak enak atau malu, maka bersiaplah Anda untuk mengalami masalah kesehatan dan berujung fatal.

Baca juga: Duutt! Benarkah Makan Ubi Bisa Bikin Kamu Jadi Sering Kentut?

Kentut atau buang angin ini disebabkan oleh gas dalam tubuh yang harus dikeluarkan. Sebenarnya ada dua cara kita untuk bisa mengeluarkan gas dalam tubuh. Pertama, melalui sendawa dan kedua melalui kentut atau buang angin. Memang jika kita tak sengaja untuk kentut didepan umum akan terasa malu dan tak enak, terlebih jika kentut yang kita keluarkan mengeluarkan bunyi dan bau. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan orang-orang yang berada disekitar kita.

Dengan rasa tak enak dan malu itulah biasanya kita akan rela untuk menahannya agar tak kebablasan keluar di depan umum. Jangan pernah sekali pun Anda menahan kentut yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Sebab hal itu akan berakibat fatal dan mengganggu kesehatan Anda sendiri. Dengan menahan kentut, Anda akan merasakan perut kembung, perut panas, hingga gangguan pencernaan.

Jika Anda kerap kali menahan kentut yang ingin dikeluarkan, hal yang fatal juga bisa terjadi selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas. Hal yang paling berbahaya adalah terjadi penumpukan gas dalam tubuh, terutama usus. Jika kentut tidak segera dibuang, maka usus Anda akan terus menampungnya dan menimbulkan rasa tak nyaman.

Penumpukan yang terjadi pada usus inilah yang akan menyebabkan tersumbatnya sistem pencernaan. Fatalnya jika kantung usus tak mampu menahan, maka usus Anda akan beresiko terkena infeksi. Dari kondisi inilah yang akan membuat Anda terasa nyeri hingga mengancam nyawa Anda sendiri. Meskipun kasus ini jarang terjadi, alangkah baiknya jika Anda tak perlu menahan kentut pada tubuh Anda.

Baca juga: Mau Hidup Sehat? Perhatikan Filosofi Minum Air Putih!

Lalu, apa yang menyebabkan kentut itu bisa beraorama tak sedap? Hal ini disebabkan oleh bakteri usus besar yang memproduksi gas selama fermentasi gas sisa makanan yang sulit diserap. Jadi biasakanlah diri Anda untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

Hindari juga bahan-bahan makanan yang manis, terutama makanan yang menggunakan pemanis buatan. Bahan ini sangat sukar dicerna oleh tubuh kita. Biasakanlah untuk hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan makanan yang mengandung probiotik.

Hal yang lebih penting dan sangat mudah untuk Anda lakukan demi menjaga tubuh adalah dengan minum air putih. Dengan meminum air putih yang banyak, tubuh Anda akan membantu melunakan sisa-sisa makanan yang sulit dicerna.

Dari penjelasan diatas, semoga Anda tidak lagi malu untuk kentut atau buang angin ya. Jangan sampai Anda menahan kentut dan berujung dengan hal-hal yang tidak diinginkan. Terlepas dari kentut itu sendiri, Anda termasuk tipe orang yang kentut dengan menimbulkan suara, atau kentut tanpa suara namun bebau? Atau justru keduanya, berbau dan berbunyi nyaring?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here