Tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang mitos yang berkembang di Indonesia. Sudah banyak diketahui oleh masyarakat indonesia tentang mitos bersiul sembarangan bisa memanggil makhluk halus atau setan, terlebih lagi jika bersiul dilakukan pada malam hari.

Baca juga: Percaya Tak Percaya, Ada Mitos Cinta di Kebun Raya Bogor

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, suara siulan pada malam hari dapat memanggil kemamang, salah satu jenis makhluk halus. Jika tiba-tiba kamu mendengar suara balasan dari siulan yang kamu lakukan, itu menandakan bahwa ada makhluk halus yang merasa terganggu dengan siulanmu, sekaligus bisa menjadi pertanda buruk.

Tetapi di luar mitos yang berkembang soal bersiul dapat memanggil makhluk halus atau setan, larangan bersiul khususnya di malam hari muncul agar tidak mengganggu tetangga sekitar yang sedang beristirahat. Maklum, pada jaman dulu ketika mitos ini masih hangat diperbincangkan keadaan desa tempat para penduduk tinggal masih sangat sepi sekali. Sehingga suara siulan pada malam hari akan menggangu waktu istirahat tetangga dekat.

Selain itu, suara siulan juga sering digunakan untuk memberikan kode oleh para pasukan pengintai. Apabila siulan dilakukan sembarangan, hal itu dikhawatirkan dapat mengganggu kode yang diberikan oleh para pasukan pengintai.

Lantas, kebiasaan suka siul sembarangan khususnya di malam hari bisa beneran manggil makhluk halus atau setan nggak sih?

Faktanya adalah, tidak ada hubungan antara siulan dengan makhluk halus. Jika kita siul sembarangan apalagi malam hari, bukan makhluk halus yang datang dan terganggu tapi justru tetangga sekitar yang ingin istirahat terganggu akan suara siulan yang kita buat malam-malam. Dengan adanya mitos seperti ini bisa membuat kita lebih menghargai lagi kenyamanan antar bertetangga.

Baca juga: Mitos atau Fakta? Mata Kedutan Pertanda Rejeki Nomplok

Lagi pula, dari pada kamu siul sembarangan apalagi malam hari, lebih baik lakukan hal lain yang tidak mengganggu orang-orang di sekitar kalian.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here