Di era modern seperti sekarang ini sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata millenials. Sebagian besar penduduk dunia bisa dikategorikan sebagai kaum millenials, bisa dianggap millenials apabila kamu lahir di tahun 1980-an dan 1990-an. Sebagai generasi millenials kamu tahu nggak sih kalau ada perbedaan antara generasi 80-an dan generasi 90-an? Jangan kamu anggap dua generasi yang sebenarnya berbeda ini sama. Ada 3 perbedaan yang bisa membuatmu mudah menempatkan manakah yang generasi 80-an dan manakah yang generasi 90-an.

Baca juga: Helicak – Asing Bagi Generasi Milenial, Kenangan Tak Terlupakan Bagi Generasi 70/80-an

 Perbedaan ini dapat terlihat lewat sosial media, karena semua orang yang kelahiran tahun 80 dan 90 pasti menggunakan sosial media sebagai akun yang selalu digunakan sehari-hari. Millennials adalah mereka yang lahir pada rentang 1980 hingga 1999. Millennials sendiri ada dua kategori yaitu millenials awal (80an) dan millennials akhir (90an). Banyak orang, terutama Gen X, yang lahir sebelum 1980, berpikir bahwa mereka memiliki gap generasi yang begitu besar dan terasa dengan millennials. Berikut adalah 3 perbedaan antara generasi 80-an dan generasi 90-an;

  1. Mempersoalkan filters saat menggunakan sosial media.

Hal menarik yang bisa membedakan antara dua generasi ini adalah dari penggunaan sebuah filters saat mereka menggunggah foto di akun sosial media. Generasi millennials tahun 80-an nyatanya sangat mementingkan penggunaan filters yang dianggap dapat menyempurnakan penampilan mereka sebelum diunggah ke media sosial. Dan cenderung mengunggah foto untuk membagikan moment dengan teman-teman yang pada akhirnya menjadikan sosial media sebagai album digital mereka.

Hal ini terbalik dengan millennials tahun 90-an yang cenderung mengunggah kegiatan mereka yang benar-benar sedang terjadi, tepat di waktu kejadian. Bagi millennials akhir, keakuratan waktu menjadi hal penting. Bahkan, kerap kali unggahan mereka bukan sesuatu yang penting, karena millennials akhir justru lebih ingin mengunggah apa yang mereka sedang lakukan sekarang, bukan sebatas apa yang mereka sudah lakukan. Dan pengguanaan filter juga bukan lagi menjadi hal penting dan utama. Millennials tahun 90-an nyatanya lebih senang mengunggah foto mereka dengan menggunakan hashtag barefaceno filterno make up, dan sejenisnya.

  1. Tetap cek toko online secara fisik.

Ketika belanja online, ada perbedaan yang sangat identik antara dua generasi millenials ini, jika millenials tahun 80-an lebih senang cek langsung toko online meskipun pada akhirnya mereka akan tetap melakukan transaksi secara online. Alih-alih tak cukup melihat di website dari onlineshop yang akan dibeli, millennials tahun 80-an tetap memilih pergi ke toko, yang berdiri secara fisik, lalu melihat barang yang akan dibeli namun tetap melakukan transaksi di online. Millennials awal merasa perlu memastikan bagaimana kondisi benda yang mereka akan beli.

Berbeda dengan millennials 80-an, millenials 90-an justru lebih senang melakukan belanja online hanya dengan melihat review yang dipublikasikan orang lain yang sudah melakukan transaksi terlebih dahulu. Bagi mereka tidak perlu lagi mengunjungi toko secara fisik, dan bagi generasi 90-an belanja online adalah sesuatu hal yang menarik terlebih lagi karena mereka suka melakukan unboxing dan diposting di akun sosial media mereka.

  1. Melakukan sesuatu dan memikirkan apa resiko serta akibatnya.

Generasi 80-an ketika akan menggunggah suatu kegiatan di akun sosial medianya, mereka pasti akan berpikir dua kali. Apakah hal yang mereka lakukan benar-benar perlu diunggah, apakah nantinya akan ada resiko dari kegiatan yang sudah mereka unggah hal ini juga membuat mereka kerap lebih berhati-hati mengunggah sesuatu di media sosial.

Sedangkan generasi 90-an lebih berani dan cuek saat ingin mengunggah suatu kegiatan di akun sosial medianya, mereka lebih senang mengunggah kegiatan dengan spontan dan tidak terlalu memikirkan apa resiko dan akibat dari unggahan yang sudah mereka bagikan di sosial media sehingga terkesan kurang hati-hati dalam bertindak di media sosial.

Jadi, kalian termasuk dalam kategori yang mana? Generasi 80-an atau 90-an guys?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here