Tidak bisa dipungkiri lagi kalau jaman dulu adalah masa di mana kita sebagai generasi 80-an dan 90-an gemar bermain di luar rumah. Bukan dengan mainan-mainan mewah berharga mahal, tapi justru dengan mainan sederhana dan murah yang bisa dibuat dengan mudah. Menggunakan bahan-bahan yang ada disekeliling kita seperti buah dan tanaman, masa kecil dahulu tentunya sudah sungguh indah dan bahagia.

Untuk memutar kembali pita nostalgia yang menampilkan gambaran suasana bermain jaman dulu saat masih kecil, kabarsidia kali ini akan mengajak kamu mengingat kembali mainan yang dulu pernah kamu buat dari tanaman atau bahkan buah. Yuk!

  1. Mobil-mobilan yang Terbuat dari Kulit Jeruk Bali.

Untuk membuat mainan ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Cukup dengan kulit jeruk Bali, lidi atau kayu, dan tali agar mobil-mobilan ini bisa ditarik. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu tinggal memotong kulit jeruk sesuai keinginan agar menyerupai mobil, kemudian ditusuk dengan lidi, akhirnya jadi deh mobil-mobilan dari kulit jeruk.

  1. Petasan atau Pletekan dari Buah Bunga Kencana Ungu.

Pasti kamu akan langsung nostalgia mengingat masa kecil begitu melihat gambar di atas. Buah dari bunga kencana ungu ini biasa dibuat mainan anak-anak jaman dulu dengan menyebutnya sebagai petasan, ceplikan atau pletekan. Jika terkena air, buah bunga ini akan meledak layaknya petasan. Kalau lagi mainan ini, biasanya pasti dimasukkan ke dalam kolam atau pake air liur ya? Hayo ngaku….

  1. Tulup Bambu.

Mainan ini bisa dibilang adalah senjata kebanggaan anak-anak jaman dulu. Dibuat dari bambu kecil dan menggunakan kertas basah atau buah-buahan kecil sebagai amunisi. Jika ditembakkan akan berbunyi ‘blup’ dan digemari oleh anak laki-laki.

  1. Kereta dan Pistol dari Pelepah Pisang.

Mainan yang satu ini memang harus diakui sebagai mainan paling sederhana. Cukup hanya menggunakan pelepah daun pisang kamu bisa menjadikan ini sebagai kereta-keretaan yang bisa ditarik oleh teman. Pelepah pisang juga bisa dijadikan pistol-pistolan dengan memotong sedikit dari bagian pelepah agar bisa dibuka dan ditutup sehingga menimbulkan bunyi seperti pistol.

Nah, itulah beberapa mainan jaman dulu yang sempat mewarnai masa kecil kita. Tetapi sedihnya, seiring berkembang zaman mainan ini sudah hampir tidak ditemui lagi karena banyaknya mainan modern yang lebih diminati. Tetapi, setidaknya masa kecil kita bahagia dengan mainan-mainan tersebut, dan juga sebagai bukti kreativitas dari anak-anak jaman dulu. Bahagia itu memang sederhana, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here