Tahun baru adalah awal yang baik untuk memulai kembali semua yang sempat terlewatkan di tahun kemarin. Euphoria awal tahun selalu membuat setiap orang memiliki momen-momen tersendiri ketika merayakannya dengan berbagai cara. Terlebih bagi para musisi tanah air, sepertinya awal tahun yang dibuka dengan bulan Januari memiliki daya tarik tersendiri sehingga terciptalah beberapa alunan nada yang disempurnakan dengan barisan kata dari lirik yang terpatri diingatan.

Tentunya, kamu sudah tahu dong lagu-lagu apa saja yang tercipta karena terinspirasi dari bulan Januari beserta momen-momen yang terkandung di dalamnya sehingga lagu-lagu tersebut tercipta? Tim kabarsidia.com yakin pasti salah satu dari beberapa lagu ini adalah andalan kalian untuk di dengarkan. Nggak percaya? Coba simak terus dibawah ini ya!

  1. 11 Januari – Gigi.

Lagu berjudul 11 Januari karya grup band Gigi memang sangat easy listening. Lagu ini diciptakan oleh Armand Maulana dan menjadi lagu yang pertama dirilis dalam album Peace Love N Respect pada tahun 2007. Ternyata, kisah dibalik lagu 11 Januari bisa bikin kamu baper lho alias Bawa Perasaan. Lagu berjudul 11 Januari ini adalah tanggal pernikahan Armand Maulana dengan Dewi Gita, mereka menikah pada tanggal 11 Januari 1994.

Armand Maulana mempersembahkan lagu 11 Januari sebagai ungkapan cinta yang meski sudah bertahun-tahun mengarungi bahtera rumah tangga cinta yang Ia miliki untuk sang istri selalu hadir disela-sela napas kehidupannya. FYI guys, lagu 11 Januari menyabet banyak penghargaan diantaranya AMI Award for Best Mix Engineer, AMI Award for Pop Song, AMI for Best Pop Recording Producer.

  1. Januari – Glenn Fredly.

Siapa yang tidak pernah mendengar lagu ajaib ini? Lagu Januari karya Glenn Fredly bisa dibilang menjadi lagu ajaib karena bisa membuat siapa saja yang mendengarkannya jadi galau mendadak. Tetapi, ada kisah unik dibalik proses pembuatan lagu Januari yang Glenn ciptakan justru bukan di bulan Januari, tapi di bulan Februari. Lagu Januari yang dibuat dibulan Februari memberikan kisah lewat lirik-lirik dan nada yang mampu membuat hati siapa saja yang mendengarkan jadi bergetar.

Tentang seseorang yang harus menghadapi pahitnya putus cinta di awal tahun. Diakui Glenn, lagu-lagu yang Ia buat pasti menggambarkan apa yang sedang Ia rasakan. Jadi, kalian sudah bisa menebak kan Glenn Fredly menciptakan lagu Januari ketika dirinya sedang galau putus cinta. Buat kamu yang juga pernah mengalami hal serupa, lagu Januari dari Glenn Fredly ini cocok banget buat kamu yang baru putus cinta di awal tahun ini.

  1. Januari Dikota Dili – Rita Effendy.

Penyanyi bersuara lembut bernama Rita Effendy mempopulerkan lagu Januari di Kota Dili pada tahun 1998 sebelum Timor Leste atau yang dulu bernama Timor Timur memisahkan diri dari Kedaulatan Republik Indonesia melalui sebuah referendum di tahun 1999 dan berdiri menjadi sebuah negara sendiri. Dibalik lirik lagu berjudul Januari di Kota Dili menggambarkan tentang kerinduan untuk bertemu dengan seorang kekasih.

Selain perasaan sedih karena rindu ingin bertemu kekasih, dalam lagu ini tergambarkan pula kerinduan pada tanah Timor yang akhirnya tak lagi menjadi bagian dari Indonesia. Rasa kehilangan yang teramat besar karena kerinduan pada seorang kekasih dan pada tanah air khususnya Timor Leste menjadi bagian tak terpisahkan dari lagu ini.

4. Januari yang Biru – Andi Meriem Matalatta.

Januari… Januari yang biru… Asmaraku asmaramu membisu… Entah kapan entah kapan hadir di hati. Lirik yang sendu melagu ini berjudul Januari yang Biru, sempat dipopulerkan oleh penyanyi tahun 1980-an Andi Meriem Matalatta. Januari yang Biru bercerita tentang kerinduan dan penyesalan terhadap seorang pasangan. Lagu ini dikemas sedemikian rupa hingga pendengarnya terbawa arus sendu asmara.

5. 22 Januari – Iwan Fals.

Penyanyi senior, Iwan Fals sangat apik membawakan lagu berjudul 22 Januari yang bercerita tentang pertemuan dua hati dan saling mencinta. Lagu 22 Januari memiliki lirik yang menyentuh para pendengarnya, lagu ini dibawakan oleh Iwan Fals dengan memainkan gitar akustik dan menambah rasa syahdu ketika didengarkan. Lagu ini terdapat dalam album bertajuk Sarjana Muda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here