Gorengan adalah cemilan yang tidak bisa ditolak kenikmatannya, seperti gorengan bakwan, gorengan tempe, gorengan cireng dan berbagai gorengan lainnya yang memiliki rasa gurih dan garing membuat siapa saja menyukai makan gorengan apalagi ditambah dengan cocolan saus sambal atau cabe rawit. Pasti rasanya akan lebih menggugah selera.

Dibalik kenikmatannya, gorengan kerap kali dituding sebagai sumber penyakit karena kandungan minyak yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan, batuk, atau bahkan yang lebih berbahaya lagi adalah kolestrol.

Tetapi, asal dikonsumsi dengan cara yang benar gorengan tidak akan menjadi sumber penyakit yang sering kita tuding selama ini. Buat kamu para pecinta gorengan, wajib tahu cara-cara berikut ini supaya kamu bisa tetap menikmati gorengan dengan lebih sehat;

  1. Membuat Gorengan Sendiri.

Daripada membeli gorengan di pinggir jalan yang belum terjamin kebersihannya, ada baiknya kamu buat sendiri saja gorengan di rumah. Tentu bahan dan proses pembuatannya lebih jelas kebersihannya karena kamu sendiri yang membuat. Ketika membuat gorengan sendiri, kualitas minyak juga sangat terpilih. Gorengan kaki lima menjadi berbahaya karena menggunakan bahan dan minyak yang sudah berulang kali di pakai.

  1. Gunakan Minyak yang Baru.

Pada umumnya, minyak goreng hanya bisa dipakai sampai dua kali saja untuk proses penggorengan. Agar gorengan jadi lebih sehat, pastikan kamu menggorengnya dengan minyak baru. Minyak goreng yang sudah berwarna hitam menandakan minyak sudah jenuh sehingga berubah menjadi karsinogenik yang menumpuk zat kolesterol jahat. Ketika minyak ini dikonsumsi secara terus menerus, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan mulai dari kolesterol hingga kanker.

  1. Tiriskan Minyak dengan Benar.

Setelah di masak, gorengan harus ditiriskan dengan cara yang benar agar kandungan minyak yang menempel pada gorengan bisa berkurang. Tiriskan gorengan dengan menggunakan tisu dapur yang mampu menyerap minyak lebih banyak. Jangan gunakan tisu biasa untuk meniriskan gorengan karena sisa-sisa tisu akan banyak menempel pada gorengan.

  1. Tambahkan Banyak Sayuran.

Bakwan adalah salah satu gorengan yang menggunakan sayuran. Jika kamu ingin membuat bakwan goreng tambahkan lebih banyak sayuran di dalam adonan bakwan. Dengan cara menambahkan banyak sayuran dalam gorengan agar asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga.

  1. Batasi Porsinya.

Cara paling penting untuk menghindari terkena efek buruk dari makan gorengan adalah dengan membatasi porsinya. Jangan makan gorengan terlalu banyak, jangan pula memakan gorengan dalam jangka waktu yang cukup sering. Jadwalkan untuk makan gorengan hanya beberapa kali saja dalam sebulan, agar lemak dalam tubuh tetap stabil karena gorengan merupakan makanan yang mengandung lemak dan kolestrol tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here