Saat bus tingkat PPD ‘menghilang’ dari jalanan di Jakarta, generasi zaman now masih bisa merasakan sensasi naik bus tingkat, seperti yang dihadirkan dalam wujud bus tingkat wisata oleh TransJakarta. Namun, ada satu moda jadul yang kini kian punah, dan untuk yang satu ini agak sulit dicari gantinya secara persis. Ya, yang dimaksud adalah Bemo.

Baca juga: Toyota Corolla DX – Debut Sedan Klasik yang Bikin Baper

Jika Anda beruntung, moda yang eksis di era 70 dan 80-an ini masih bisa ditemui di kawasan Bendungan Hilir (Benhil) dan Stasiun Manggarai. Usia kendaraan yang telah menua dan suku cadang yang langka, menjadikan Bemo tak sanggup menghadapi tekanan persaingan dengan moda lain, ditambah Bemo dipandang tak ramah emisi.

Yang unik dari Bemo adalah para penumpang akan duduk tiga kanan dan tiga kiri, dan lutut setiap penumpang akan bertemu. Mungkin saja ada kenangan indah dan manis bagi Anda yang merasakan sensasi naik bemo. Apalagi yang bertemu jodohnya di Bemo, pasti akan senyum-senyum sendiri saat mengingat Bemo.

Dirunut dari sejarahnya, Bemo hadir di Indonesia tahun 1962 untuk menyemarakkan acara olahraga Ganefo. Kehadiran bemo rencananya untuk menggantikan becak, namun hal itu tidak terlaksana karena tidak di dukung rencana yang matang. Bemo yang booming di Jakarta, dan sangat praktis di jalan-jalan yang sempit, justru hadir di kota-kota lainnya seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Denpasar dan lainnya.

Di Negara asalnya Jepang, awalnya Bemo bukanlah untuk angkutan penumpang melainkan untuk mengangkut barang. Setelah di Jakarta, bemo berubah menjadi angkutan penumpang dengan bak terbukanya ditambahkan tempat duduk. Bemo adalah salah satu produk otomotif terkenal Daihatsu, awalnya populer sebagai produsen truk kecil beroda tiga.

Hingga kini, bemo sebenarnya sudah dihapuskan dari program angkutan kota karena dianggap terlalu tua dan tidak aman untuk dinaiki lagi serta asapnya menyebabkan polusi. Tak hanya masalah kemacetan sehingga bemo tersingkir dari peradaban kendaraan Ibukota. Ini terjadi juga karena pabrik tempat Bemo berasal yakni Daihatsu tak lagi memproduksi suku cadangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here