Demam merupakan sebuah reaksi normal tubuh untuk melawan kuman. Pada saat demam suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius, di suhu inilah tubuh sedang berusaha mengusir bakteri jahat. Namun, apa yang terjadi bila demam dengan suhu panas tinggi menyerang pada anak? Sebagian orang tua masih menggunakan cara tradisional yang sudah turun temurun dari jaman nenek moyang, yaitu anak di kerok dengan bawang merah.

Baca Juga : Masih Ingat Mainan Balon Tiup Era 80-an? Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Anak

Beberapa orang tua meyakini kalau kerokan dengan bawang merah merupakan cara ampuh untuk redakan demam pada anak. Apakah benar begitu? Menurut dokter spesialis anak Meta Hanindita, bawang merah memiliki efek melebarkan pembuluh darah atau vasoliditasi. Efek tersebut bisa jadi dapat menurunkan suhu tubuh anak yang sedang mengalami demam. Tapi perlu di ingat, kalau bawang merah bisa bersifat iritatif pada kulit, terlebih pada kulit anak yang masih sangat sensitif.

Ditambah bau bawang merah yang cukup menyengat dapat membuat hidung anak ikut sensitif saat menghirupnya. Meski kerok bawang merah cukup ampuh untuk menurunkan demam pada anak karena bantuan dari efek vasoliditasi yang dihasilkan oleh bawang merah, adapun cara lain yang bisa dilakukan selain dengan menggunakan bawang merah ialah membuat anak merasa nyaman.

Secara ilmiah, ada beberapa cara yang terbukti bisa menurunkan suhu tubuh anak yang demam. Salah satunya buatlah anak merasa nyaman, dengan memakaikan baju yang longgar, berbahan lembut, dan menyerap keringat. Tak lupa untuk kompres dengan air dan berikan obat penurun demam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here