Sakit maag sering kali dialami oleh seseorang, munculnya akibat pola makan yang tidak teratur dan sembarangan dalam mengonsumsi makanan ataupun minuman. Bahkan bukan hanya maag saja yang terserang, kadang lambung pun bisa ikut menjadi korban akibat pola makan yang tidak teratur. Kalau sudah begini, rasa sakit sungguh tak terelakkan lagi.

Dibalik penyakit maag ataupun lambung, ada mitos yang beredar bahwa obat untuk mengatasi sakit maag dan kandungan yang aman untuk melapisi lambung adalah kerupuk kulit.

Sebagian orang percaya dengan mengkonsumsi kerupuk kulit, maka bisa melapisi kemudian meredakan luka radang yang ada di bagian dinding lambung, sehingga perlahan dapat menghilangkan nyeri. Benarkah?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mitos ini ternyata tidak sesuai dengan fakta medis. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kerupuk kulit mampu mengatasi masalah maag. Bahkan, mengingat kerupuk kulit memiliki kandungan minyak dan lemak yang cukup tinggi, bisa jadi setelah mengonsumsinya masalah maag justru akan menjadi semakin parah.

Biasanya, penyakit maag tidak perlu mendapatkan penanganan yang khusus karena akan mereda dengan sendirinya. Agar lebih cepat mereda, ada baiknya kita menghindari makanan pedas, berminyak, dan berlemak, menghindari minuman berkafein, bersoda, dan minuman beralkohol, tidak langsung berbaring setelah makan, lebih baik dalam mengendalikan stres, dan tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan yang bisa memberikan reaksi negatif bagi asam lambung seperti ibuprofen.

Melihat adanya fakta ini, jangan mudah percaya dengan mitos-mitos kesehatan yang belum tentu dipercaya kebenarannya. Jika memang merasa ragu dengan kondisi kesehatan tubuh, sebaiknya langsung mendatangi dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here