Kadang kala, memar sering kali muncul tanpa penyebab dan rasa sakit. Tiba-tiba bagian tubuh sudah memar, kadang kita tidak tahu mengapa tubuh menjadi memar dan berwarna kebiruan. Tetapi memar pada tubuh tidak hanya berwarna kebiruan saja, tapi juga ada memar yang berwarna hijau, kuning, atau bahkan keunguan.

Baca juga: Penting! Tips Mudah Hilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Pada kondisi tertentu memar tidak memiliki penyebab yang jelas, atau dalam istilah medis biasa disebut dengan Purpura Simplex. Memar terjadi ketika pembuluh darah yang terletak dekat permukaan kulit pecah, sehingga sejumlah darah bocor ke jaringan bawah kulit. Nah, tanda hitam atau biru yang muncul disebabkan oleh darah yang menyebar ke jaringan bawah kulit yang bisa memudar seiring dengan masa penyembuhan.

Memar biasanya juga diiringi dengan rasa nyeri dan bengkak, ada pula beberapa penyebab yang bisa membuat tubuh menjadi memar seperti keseleo, cedera, terpentok benda keras, atau luka. Memar dapat sembuh dan warna kebiruannya bisa memudar sekitar dua minggu atau bahkan lebih sampai berbulan-bulan.

Lalu, apakah benar ketika memar bisa disembuhkan dan bisa langsung memudar saat dikompres dengan es? Apakah ini cara yang efektif? Sebelum melangkah ke cara menghilangkan memar, ada satu hal yang wajib kamu ketahui bahwa sebenarnya memar dapat sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini;

  • Kompres memar dengan menggunakan es yang dibungkus dengan handuk selama 10 sampai 20 menit. Lalu ulangi beberapa kali sesuai dengan kebutuhuan.
  • Jika memar berada pada bagian lengan atau kaki, saat kamu tidur posisikan lengan atau kaki berada lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah ke daerah yang terluka atau memar.
  • Jangan mengkonsumsi obat yang mengandung aspirin. Karena sesungguhnya tidak ada obat yang dikonsumsi untuk mencegah terjadinya memar, menurut para pakar mengkonsumsi obat yang mengandung aspirin dapat membuat kondisi memar semakin parah.

Perhatikan juga kondisi memar jika sudah diobati dengan cara diatas tapi memar tak kunjung sembuh dan nyeri serta bengkak tidak hilang selama tiga hari kamu wajib berobat ke dokter. Selain itu, sering mengalami memar dengan ukuran yang besar dan menimbulkan rasa nyeri, terutama jika muncul pada bagian punggung atau wajah atau tanpa penyebab yang jelas dan mengalami pendarah yang tidak normal kamu harus segera mengunjungi dokter agar mendapat tindakan yang tepat.

Banyak mitos dan fakta yang berkembang mengiringi memar yang sering dialami oleh seseorang, sebelum menutup artikel kali ini berikut ada fakta yang perlu kamu ketahui mengenai memar.

Baca juga: Mau Hidup Sehat? Perhatikan Filosofi Minum Air Putih!

Mitos dan fakta tentang memar:
– Menggosok memar dengan menggunakan telur rebus untuk melancarkan sirkulasi darah.
FaktanyaMenggosok memar dengan menggunakan telur rebus dapat menyebabkan pendarahan internal menjadi lebih parah. Terapi untuk memar yang terbaik adalah dengan mengompres menggunakan es untuk mengurangi pendarahan internal. Namun, es tidak boleh langsung menyentuh kulit. Bungkus es dengan menggunakan handuk untuk mengompres memar.

– Mengompres panas pada bagian tubuh yang memar atau cedera.
FaktanyaKompres dingin merupakan cara terbaik untuk mengatasi pembengkakan. Kompre menggunakan air panas dapat memperburuk terjadinya radang pada luka.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here